Dortmund vs PSG: Lupakan yang Lalu
Borussia Dortmund akan menghadapi PSG di semifinal leg pertama Liga Champions 2023/2024 (Instagram/@bvb09).

Bagikan:

JAKARTA - Borussia Dortmund akan berjumpa Paris Saint-Germain (PSG) pada semifinal leg pertama Liga Champions 2023/2024 di Signal Iduna Park, Kamis, 2 Mei 2024, dini hari WIB.

Die Borrusen harus melupakan hasil buruk di fase grup kala bertemu PSG. Saat dua kali berjumpa di Grup F, Dortmund belum pernah menang dengan perincian satu seri dan satu kekalahan.

Anak asuh Edin Terzic harus fokus kepada misi tunggal, menekuk PSG dan melenggang ke final Liga Champions 2023/2024.

Semangat itulah yang diusung Jadon Sancho untuk memacu rekan-rekannya. Apalagi, Dortmund memiliki keuntungan karena lebih dulu tampil di kandang.

Mereka harus memanfaatkan sebaik-baiknya laga itu untuk mencuri kemenangan di hadapan pendukung sendiri.

"Ini pertandingan baru. Laga babak penyisihan grup sudah lewat. Kami hanya harus berkonsentrasi pada apa yang ada di depan kami dan bagaimana kami ingin bermain di pertandingan tersebut," kata Sancho di laman klub.

Selain melupakan hasil minor di babak grup kontra PSG, Dortmund juga mesti memastikan tidak akan melakukan kesalahan sama seperti saat melawan Atletico Madrid di perempat final.

Kala itu, Dortmund takluk 1-2 pada leg pertama di kandang Atletico. Beruntung, mereka bisa membalikkan keadaan dengan menang 4-2 di Signal Iduna Park.

Penggawa Dortmund lain, Julian Brandt, mengungkapkan bahwa pertandingan leg perdana di fase gugur Liga Champions merupakan partai penting, di mana pun digelar.

Karena itu, dia tak ingin menyia-nyiakan leg pertama, terlebih tampil di rumah sendiri.

"Saya yakin kedua tim mampu memberikan hal-hal hebat. Saya pikir kami akan menyukai peluang kami, tapi saya yakin PSG akan melakukan hal yang sama."

"Fondasinya harus diletakkan di leg pertama. Jadi, kami harus memastikan bahwa kali ini kami tidak melakukan kesalahan yang sama seperti yang kami lakukan saat melawan Atletico," tutur Brandt.

Dortmund sejatinya tidak perlu inferior. Kekalahan di fase grup tidaklah berarti apa-apa dan jadi acuan utama.

Pasalnya, catatan pertemuan mereka terbilang seimbang. Dortmund memang cuma bisa mengemas satu kemenangan, sedangkan PSG dua kemenangan. Namun, tiga laga sisa berakhir seri dari enam perjumpaan.

Memperbaiki rekor duel tersebut bisa menjadi dorongan tambahan bagi pasukan Edin Terzic.

"Penampilan kami di Paris (fase grup) sangat buruk. Kami tampak sedikit gentar setiap kali menyerang. Kami tidak bermain bagus."

"Pertandingan di kandang sedikit berbeda. Kami tahu bahwa hasil imbang sudah cukup bagi kami untuk memenangi pertandingan. Ini berbeda dengan seperti yang kami alami di semifinal," ujar Brandt.

"Kami harus memberikan segalanya untuk mencapai final. Saya hanya fokus pada pertandingan berikutnya dan itulah cara kami mendekatinya, pertandingan demi pertandingan."

Head-to-Head Borussia Dortmund vs PSG

Borussia Dortmund: 1 Menang

Seri: 3 seri

PSG: 2 Menang

14/12/2023 Borussia Dortmund 1-1 PSG (Liga Champions)

20/09/2023 PSG 2-0 Borussia Dortmund (Liga Champions)

12/03/2020 PSG 2-0 Borussia Dortmund (Liga Champions)

19/02/2020 Borussia Dortmund 2-1 PSG (Liga Champions)

05/11/2010 PSG 0-0 Borussia Dortmund (Liga Europa)

22/10/2010 Borussia Dortmund 1-1 PSG (Liga Europa)