Shin Tae-yong Turunkan Pemain yang Jarang Dapat Kesempatan, Timnas Indonesia U-20 Dipermak Klub Norwegia
Timnas Indonesia U-20. (foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-20 kembali menelan kekalahan dalam laga uji coba saat menjalani pemusatan latihan (TC) di Spanyol. Kali ini, Garuda Nusantara dipermak klub asal Norwegia Valerenga Fotball dengan skor 0-4, Selasa, 23 November.

Ini merupakan kekalahan ketiga yang diraih Indonesia U-20 di Spanyol. Sebelumnya, anak asuh Shin Tae-yong kalah dari Prancis dan Slovakia.

Dalam laga ini, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong sejatinya mampu menahan lawan imbang tanpa gol pada babak pertama. Namun, mereka akhirnya kebobolan empat gol usai jeda, demikian yang dilansir Antara via akun media sosial PSSI.

Shin memberikan kesempatan kepada pemain yang jarang mendapatkan tempat pada laga ini. Pemain seperti Alfriyanto Nico, Marcell Januar, Ginanjar Wahyu dan kiper Erlangga Setyo dimainkan sejak awal laga.

Sementara nama-nama andalan seperti Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh dibangkucadangkan. Shin juga hanya menurunkan satu calon pemain naturalisasi sejak awal, yakni penyerang Rafael Kruick.

Laga-laga persahabatan timnas U-20 Indonesia di Spanyol, yang dilakukan di sela pemusatan latihan (TC), menjadi salah satu persiapan menuju Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023. Sebelumnya, Indonesia menjalani TC di Turki.

Selama TC di Turki, yang berlangsung mulai 16 Oktober-13 November 2022, skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong melakukan tujuh laga uji coba, di mana tiga di antaranya berakhir dengan kemenangan untuk Indonesia.

Indonesia mengalahkan Cakallikli Spor dengan skor 2-1, Moldova (3-1) dan Antalyaspor (3-2). Selain itu, timnas U-20 menahan imbang tanpa gol Moldova dan seri 3-3 dengan tim U-20 Baerum SK. Kekalahan datang saat menghadapi Turki (1-2) dan Al Adalah FC (0-2).

Adapun Piala Asia U-20 2023 akan digelar pada 1-18 Maret 2023 di Uzbekistan. Piala Dunia U-20 2023 berlangsung pada 20 Mei-11 Juni 2023 di Indonesia.