Usai Piala Asia 2023, Shin Tae-yong Harapkan Pemain Dapat Menit Bermain Lebih Banyak di Klub
Shin Tae-yong ingin pemain Timnas Indonesia banyak bermain untuk klub (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, melontarkan harapan kepada para pemainnya usai berjuang di Piala Asia 2023. Dia ingin agar para pemain bisa mendapatkan kesempatan bermain lebih banyak di klubnya masing-masing.

Selepas tersingkirnya Timnas Indonesia di babak 16 besar Piala Asia 2023, para pemain kembali ke klub masing-masing. Shin Tae-yong ingin para pemain terlibat di banyak pertandingan level klub sebagai bekal untuk memperkuat Timnas Indonesia lagi.

Pasalnya, pada bulan Maret 2024, Indonesia akan kembali memainkan dua laga melawan Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia.

"Ketika para pemain kembali ke klub, hanya sedikit dari mereka yang bermain konsisten (dalam mendapat menit bermain)," kata Shin Tae-yong seperti dikutip dari media Korea Selatan, Star News Korea, pada Selasa, 6 Februari 2024.

Pratama Arhan dan Elkan Baggott menjadi salah satu contoh pemain yang jarang mendapatkan kesempatan bermain di klub. Keduanya terlihat lebih sering mendapat menit bermain di Timnas Indonesia ketimbang di klub.

Tak heran, Shin Tae-yong juga sempat mengeluhkan kemampuan dasar para pemain yang dianggapnya kurang dikuasai. Salah satunya ialah teknik dasar untuk passing dan mengontrol bola yang baik dan benar.

Padahal, menurut Shin Tae-yong, pelatih timnas hanya perlu mematangkan taktik saja. Kemampuan pemain seharusnya sudah diasah di klub mereka masing-masing

"Kami harus memanggil para pemain yang bagus di liga dan mengenakan seragam Timnas Indonesia. Namun, kami tidak cukup punya waktu untuk itu karena harus meningkatkan stamina dan performa (di Timnas Indonesia)," ujar Shin Tae-yong.

"Jika kami punya lebih banyak waktu, kami bisa menunjukkan perkembangan yang lebih baik. Pemain akan semakin baik jika mereka semakin banyak bermain. Kami juga akan lebih baik jika ke perempat final (Piala Asia)," tuturnya.