Pratama Arhan Butuh Pembuktian Saat Tampil untuk Timnas Indonesia di Piala Asia 2023
Pratama Arhan mencari pembuktian di Piala Asia 2023 (dok. PSSI).

Bagikan:

JAKARTA - Pratama Arhan jadi salah satu pemain yang terpilih masuk Timnas Indonesia untuk berlaga di Piala Asia 2023. Pemilihan sang bek kiri sempat menuai pro dan kontra.

Kritik bermunculan mengingat Arhan punya menit bermain sangat minim bersama klub Divisi Dua Liga Jepang, Tokyo Verdy.

Karena itu, pemain 22 tahun itu bertekad menjawab kepercayaan Shin Tae-yong yang sudah memilihnya masuk Timnas Indonesia.

"Alhamdulillah, coach Shin (Tae-yong) kasih kepercayaan ke saya. Jadi, saya harus bisa kasih yang terbaik juga untuk Timnas Indonesia."

"Saya harus lebih kerja keras untuk kasih hasil terbaik untuk Indonesia," kata Arhan.

Arhan menegaskan dirinya sudah sangat siap tampil di Piala Asia 2023. Meski demikian, dia mengungkapkan masih ada kendala yang dialami Timnas Indonesia selama masa persiapan.

Hal itu menjadi faktor kekalahan Skuad Garuda dalam tiga partai uji coba. Anak asuh Shin Tae-yong takluk dua kali melawan Libya dengan skor 0-4 dan 1-2, kemudian kalah melawan Iran 0-5.

"Kami melakukan persiapan untuk Piala Asia juga dengan sangat baik. Semoga di pertandingan nanti kami bisa menghasilkan yang terbaik."

"Lalu, kendala pasti ada. Jadi, kita perbaiki satu per satu kendala itu," tutur pemain asal Blora tersebut.

"Persiapan saya pribadi sangat baik, terus kondisi saya juga sangat baik sekarang. Saya juga akan ikuti instruksi dari coach Shin Tae-yong," tutur eks pemain Tokyo Verdy itu.

Arhan sedang mencari pembuktian. Soalnya, publik menilai pemilihan sang bek kiri kurang tepat karena cuma mendapat 50 menit bermain di Tokyo Verdy (menurut Transfermarkt) sebelum gabung Timnas Indonesia.

Beda hal dengan pemain-pemain yang justru berkontribusi maksimal buat tim. Mereka malah tak dipiih Shin Tae-yong, seperti Stefano Lilipaly (Borneo FC).

Namun, Shin Tae-yong punya pandangan sendiri sehingga tetap memasukkan Arhan ke dalam skuad. Dia menilai pemain 22 tahun itu punya senjata lemparan ke dalam yang bisa berguna untuk Skuad Garuda.

Sementara itu, berdasarkan catatan penampilan, Arhan menjadi pemain dengan caps terbanyak di Timnas Indonesia saat ini. Arhan mengemas 38 penampilan, unggul dari Witan Sulaeman (37), Asnawi Mangkualam Bahar (36), Ricky Kambuaya (34), dan Rizky Ridho (29).

Timnas Indonesia akan memulai perjalanan di Grup D Piala Asia 2023 dengan menghadapi Irak pada 15 Januari 2024. Kemudian, mereka akan melawan Vietnam (19/1/2024) dan Jepang (24/1/2024).