Bagikan:

JAKARTA - General Manajer Suwon FC, Choi Sun-ho, mengungkapkan fakta baru setelah resmi merekrut Pratama Arhan sebagai pemain anyar pada musim 2024.

Choi Sun-Oh menyebut ternyata Arhan bukan satu-satunya pemain Indonesia yang masuk bidikan mereka, melainkan ada nama Asnawi Mangkualam.

Keterangan itu disampaikan Choi Sun-ho saat hadir pada acara Media Day bersama Suwon FC di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis, 15 Februari 2024. Pada momen itu, bos Suwon FC juga membeberkan alasan akhirnya memilih Pratama Arhan.

Nilai kontrak Asnawi Mangkualam yang cukup tinggi rupanya tak sejalan dengan kebijakan klub. Atas pertimbangan panjang, akhirnya Suwon FC lebih condong ke Arhan yang saat itu juga berstatus bebas transfer.

"Betul, kami sebelumnya mau merekrut Asnawi Mangkualam. Karena masalah keuangan, kami tak bisa merekrutnya," ujar Choi Sun-ho.

Dipilihnya Pratama Arhan menjadi bagian dari Suwon FC bukan tanpa alasan. Klub K-League 1 itu melihat talenta besar Arhan dan yakin sang bek kiri akan menjadi pemain yang terus berkembang.

Choi Sun-ho melihat bagaimana performa Arhan di Timnas Indonesia di Piala Asia 2023.

"Kami memang akhirnya menemukan Arhan. Dia tengah dalam situasi free agent," tutur Choi.

"Kami senang merekrutnya karena memang dia punya kualitas yang bagus. Dia juga pemain andalan di Timnas Indonesia," tuturnya.

Setelah Pratama Arhan, Suwon FC tak menutup kemungkinan mencari pemain potensial lainnya dari Indonesia. Meski demikian, Arhan juga harus bisa membuktikan kualitasnya terlebih dahulu sehingga bisa menjadi pelopor.

"Tentu kami mencari talenta terbaik dari Indonesia dan di sekitar wilayah Indonesia tentunya. Baik itu di Asia Tenggara, Barat, dan Tengah. Saat kami melakukannya, kami menemukan Arhan," kata Choi Sun-ho.

Sebelum akhirnya resmi bergabung, rumor Pratama Arhan merapat ke Suwon FC sudah muncul sejak September 2023.

Saat itu media Korea Selatan, Sport Chosun, menyebut Suwon FC sudah sepakat merekrut Arhan karena kontraknya bersama Tokyo Verdy habis pada akhir musim J2 League 2023.

Selama di Tokyo Verdy dari tahun 2022-2023, Arhan minim panggung di divisi dua liga Jepang tersebut. Pemain 22 tahun itu hanya tampil sebanyak empat kali dengan perincian dua di liga Jepang dan dua lagi di Piala Kaisar.

Sementara itu, Asnawi Mangkualam memilih bergabung Port FC, klub Thai League 1, pada 26 Januari 2024.

Sebelumnya, dia memang lama di Korea Selatan dengan bermain untuk Ansan Greeners (2021-2023) dan Joennam Dragons (2023-2024).