Pelatih Suwon FC Akan Bantu Lepas Pratama Arhan Bela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024
Pelatih kepala Suwon FC, Kim Eun-jung (kanan), saat Media Day di Jakarta (VOI/Ferry Tri Adi Sasono).

Bagikan:

JAKARTA - Suwon FC bakal mempertimbangkan izin untuk melepas pemain anyar mereka, Pratama Arhan, untuk bergabung Timnas Indonesia yang bakal tampil di Piala Asia U-23 2024. Hal ini disampaikan oleh pelatih kepala Suwon FC, Kim Eun-jung.

Piala Asia U-23 2024 bakal bergulir mulai 15 April hingga 3 Mei 2024 di Qatar. Pada ajang itu, Shin-Tae yong selaku pelatih cukup direpotkan mencari pemain untuk mengisi skuad. Pasalnya, turnamen tersebut bukan merupakan agenda resmi FIFA sehingga klub punya wewenang untuk menahan pemainnya.

Namun, dengan pernyataan yang diungkap Kim Eun-jung terkait Pratama Arhan, situasi itu jelas jadi angin segar bagi Shin Tae-yong. Dalam pernyataannya, pelatih Suwon FC malah dengan besar hati bakal mengupayakan Arhan agar bisa membela Timnas Indonesia.

"Jadi, saya akan bantu dia (Pratama Arhan) sampai dia bisa (membela Timnas Indonesia)," kata Kim Eun-jung dalam keterangannya saat Media Day di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis, 15 Februari 2024.

Upaya yang dilakukan Kim Eun-jung untuk mempermudah Pratama Arhan membela Skuad Garuda bukan tanpa sebab. Soalnya, dia tahu rasanya bagaimana menjadi pelatih tim nasional.

Sebagaimana diketahui, Kim Eun-jung sempat menjadi pelatih Korea Selatan U-20 pada 2021-2023. Pencarian pemain terbaik merupakan hal paling sulit.

Karena itu, dia mengerti benar situasi yang dihadapi Shin Tae-yong dan mencoba mendukungnya.

"Saya juga pernah bekerja di tim nasional (Timnas) Korea Selatan U-20. Karena itu, saya tahu turnamen itu (Piala Asia U-23 2024) penting untuk Timnas Indonesia dan Arhan," ujar Kim Eun-jung.

Pada kesempatan sama, Pratama Arhan justru menegaskan dirinya akan menyerahkan segala keputusan kepada Suwon FC meski sudah mendapat lampu hijau dari sang pelatih.

Eks pemain Tokyo Verdy itu memilih untuk mengikuti keputusan bersama di tim. Apalagi, untuk menentukan bagaimana statusnya nanti, Suwon FC juga harus mempertimbangkan banyak hal.

"Kalau saya pribadi, semua keputusan itu ada di pihak tim dan pelatih. Itu mau dilepas (ke Timnas Indonesia U-23) atau saya tetap bertahan (di Suwon FC). Terserah pelatih dan tim. Saya mengikuti keputusan pelatih dan pelatih kepala," kata Pratama Arhan.

Terkait