Bagikan:

JAKARTA - Pemain Timnas Indonesia, Pratama Arhan, kini memilih bergabung klub Korea Selatan, Suwon FC. Di balik keputusan besar itu, Arhan mengungkapkan bahwa ada peran dari pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Pratama Arhan resmi bergabung Suwon FC pada 16 Januari 2024. Klub level teratas kompetisi Korea Selatan itu menjadi klub internasional kedua yang jadi pelabuhan Arhan.

Sebelumnya, bek kiri tersebut sempat berseragam Tokyo Verdy yang merupakan tim J2 League, level kedua kompetisi Jepang, selama semusim.

Shin Tae-yong punya peran penting dalam keputusan Arhan hijrah ke Korea Selatan. Bagi pemain 22 tahun itu, petuah sang pelatih sangat membantunya dalam memberikan gambaran di lingkungan barunya.

"Sebelum tanda tangan kontrak dengan Suwon FC, saya diskusi dulu sama agen saya. Lalu, saya juga diskusi dengan orang tua dan tentunya diskusi dengan istri."

"Saya pun konsultasi juga ke pelatih Shin Tae-yong. Saya tanya bagaimana tim Suwon, terus bagaimana Liga Korea Selatan (K-League 1)," ujar Pratama Arhan dalam sesi Media Day bersama Suwon FC di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta Pusat, pada Kamis, 15 Februari 2024.

Berdasarkan masukan Shin Tae-yong, Arhan mengatakan bahwa mengambil kesempatan untuk bergabung Suwon FC merupakan pilihan tepat. Apalagi, Arhan minim menit bermain di klub lamanya, Tokyo Verdy.

"Jadi, menurut pelatih Shin Tae-yong sangat bagus saya pindah ke sana (Suwon FC) karena memang sebelumnya di Jepang saya kurang menit bermain. Menurut saya dan pelatih Shin juga bilang (keputusan ini) sangat baik buat saya ke depannya," kata Arhan.

Terkait garansi menit bermain, hal ini juga menjadi hal yang ditekankan Pratama Arhan sebelum menerima pinangan Suwon FC. Setelah sepakat dengan hal itu, Arhan juga melihat adanya tantangan lebih besar di Korea Selatan yang bisa memacu kariernya lebih berkembang lagi.

"Saya pribadi juga sebelum tanda tangan kontrak (dengan Suwon FC), sudah bicara dengan agen saya, pasti kita diskusikan soal menit bermain, bagaimana tentang karier saya di sana."

"Saya juga mau mencoba tantangan baru lagi karena menurut saya di Jepang sudah banyak belajar juga walaupun jarang dapat menit bermain. Namun, sekarang saya ada tantangan baru di Korea Selatan."

"Menurut saya, ini sangat bagus buat saya. Cocok dari segi fisik. Terus saya juga bisa mengimbangi. Soalnya, memang dari pelatih Shin Tae-yong, saya sudah belajar banyak mengenai (sepak bola) Korea Selatan," tutur Pratama Arhan.