Demi Terhindar dari Degradasi, Bernardo Tavares: PSM Makassar Kerja Keras Selangkah demi Selangkah
Bernardo Tavares bertekad membawa PSM Makassar bertahan di Liga 1 musim depan (dok. PSM).

Bagikan:

JAKARTA - Bernardo Tavares, pelatih PSM Makassar, bertekad kuat menghindarkan tim dari degradasi Liga 1 2023/2024. Ia bakal membawa timnya bangkit meski harus kerja keras selangkah demi selangkah.

Saat ini PSM Makassar masih tertahan di posisi ke-10 dengan koleksi 32 poin. Jumlah perolehan itu jelas belum aman karena Arema FC yang ada di zona degradasi membuntuti dengan 21 poin.

Melihat situasi tersebut, Tavares menyadari bahwa Juku Eja butuh proses agar bisa kembali trengginas di Liga 1. Karena itu, sang pelatih ingin agar Yakob Sayuri dan kolega bisa terus menunjukkan perubahan positif.

Katanya, demi bertahan pada Liga 1 musim depan, PSM Makassar tidak boleh hilang poin demi poin dalam laga-laga berikut.

"Selangkah demi selangkah. Kita harus tetap rendah hati," kata Bernardo Tavares dilansir dari laman PT Liga Indonesia (PT LIB) pada Kamis, 15 Februari 2024.

"Kami baru mengumpulkan 32 poin. Kalau tidak bisa lebih mungkin saja degradasi. Jadi, selangkah demi selangkah kerja keras," sambungnya.

Bernardo Tavares mengatakan para pemain harus bekerja keras dalam setiap latihan. Hal tersebut agar kekuatan bisa lebih ditingkatkan selagi kompetisi level teratas Indonesia masih jeda.

"Kita harus bekerja keras di latihan agar kebugaran kita bisa meningkat. Termasuk juga kualitas operan, baik panjang dan pendek. Termasuk juga body shape saat duel perebutan bola," ungkapnya.

Saat kompetisi kembali bergulir, PSM Makassar bakal langsung menghadapi laga berat. Mereka akan menjadi tuan rumah saat menjamu Bali United pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024, 24 Februari 2024.

Empat hari berselang, mereka akan melakoni pekan ke-26 dengan kembali menjadi tuan rumah di laga kontra Persebaya Surabaya. Laga itu akan berlangsung di Stadion Batakan, Balikpapan, pukul 19.00 WIB.