Hasil Badminton Asia Team Championship 2024: Indonesia ke Perempat Final dengan Status Juara Grup
Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi (dok. PBSI).

Bagikan:

JAKARTA – Tim bulu tangkis putri Indonesia melaju ke babak perempat final Badminton Asia Team Championship (BATC) 2024 dengan status sebagai juara grup.

Tiket babak perempat final didapat Indonesia setelah tunggal putri Ester Nurumi Tri Wardoyo menang dua gim langsung 21-14 dan 21-13 atas Yeung Sum Yee di Setia City Convention Center, Selangor, Malaysia, Kamis, 15 Februari 2024.

Hasil yang didapat Ester membuat Indonesia pun unggul 3-0 atas tim putri Hong Kong. Kemenangan ini sekaligus membuat Ester dan kawan-kawan memperpanjang perjalanan mereka dengan status sebagai juara Grup X.

Pada laga terakhir fase grup, Indonesia mendapat poin pertama dari tunggal putri Putri Kusuma Wardani. Putri turun melawan Lo Sin Yan Happy dan menang straight game dengan skor akhir 21-14 dan 21-16.

Indonesia lalu memperbesar keunggulan menjadi 2-0 melalui ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi.

Pasangan ini berjuang bangkit dari kekalahan pada gim pertama untuk menang dramatis melalui rubber game atas Yeung Nga Ting/Yeung Pui Lam dengan skor 19-21, 21-10, dan 21-19.

Sebelumnya, pada laga pertama fase grup, Indonesia sukses melibas Kazakstan dengan skor telak 5-0. Pada kemenangan itu, Ester dan Putri adalah penyumbang dua poin pertama.

Febriana/Amalia tidak dimainkan kala itu. Dua ganda putri yang bermain ialah pasangan Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto dan Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose.

Sementara itu, satu poin lain buat Indonesia di laga tersebut disumbangkan tunggal putri Komang Ayu Cahya Dewi, yang pada laga melawan Hong Kong diistirahatkan oleh tim pelatih.