Pratama Arhan Pilih Nomor 23 karena Tak Bisa Pakai Nomor 12 di Suwon FC
Pratama Arhan memakai nomor 23 di Suwon FC (VOI/Ferry Tri Adi Sasono).

Bagikan:

JAKARTA - Pemain anyar Suwon FC, Pratama Arhan, memilih nomor punggung 23 untuk mengarungi K-League 1 2024. Dia mesti rela tak bisa mengenakan nomor favoritnya, 12.

Sebagaimana diketahui, angka 12 merupakan nomor yang identik dengan Pratama Arhan saat membela Timnas Indonesia.

Namun, keinginannya tidak bisa terealisasi di Suwon FC. Soalnya, Arhan menyadari betapa nomor 12 begitu penting dan memiliki arti mendalam bagi tim K-League 1 itu.

"Sebenarnya saya ingin menggunakan nomor punggung 12. Namun, nomor punggung 12 di Suwon FC sudah didedikasikan untuk suporter dan dipensiunkan. Jadi, saya mengenakan nomor 23," kata Pratama Arhan saat ditemui Media Day bersama Suwon FC di Senayan, Jakarta Pusat.

Pemain 22 tahun itu mulai memantapkan pilihan memakai nomor punggung 12 sejak membela Timnas Indonesia U-23. Nomor punggung itu langgeng dikenakannya dan menjadi ciri khas Arhan di tim nasional hingga kini.

Meski demikian, Pratama Arhan pernah memakai berbagai nomor selama karier sepak bolanya. Dia tercatat pernah mengenakan nomor 11 sewaktu membela PSIS Semarang.

Nomor tersebut juga menjadi identitasnya ketika berseragam Timnas Indonesia U-20.

Kemudian, saat hijrah ke Jepang membela Tokyo Verdy, dia menjatuhkan pilihan ke nomor 38 selama dua musim di sana.

Artinya, ini merupakan kali pertama Arhan memilih nomor punggung 23.

Sementara itu, Pratama Arhan mengaku pemilihan nomor 23 di Suwon FC tak ada arti spesial.

Hanya saja, jika menarik ke belakang, angka 23 adalah angka yang sama dengan tahun pernikahan Arhan bersama Azizah Salsa, yaitu 20 Agustus 2023.

"Ya, tidak tahu, sih, alasannya (pilih nomor 23). Saya juga bingung. Jadi, ya, sudah pakai saja nomor punggung 23," ucap bek kiri itu sambil tertawa.