Polemik Pemanggilan Pemain ke Timnas, Bambang Nurdiansyah: Tidak Elok, Bisa Dibicarakan Baik-baik
Mantan pelatih timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah. (Foto: Ulfa Gusti Utami)

Bagikan:

JAKARTA - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Bambang Nurdiansyah, mengomentari polemik pemanggilan pemain yang saat ini melanda skuad asuhan Shin Tae-yong. Ada klub yang dirasa sulit melepas pemain untuk ikut pemusatan latihan (TC) jelang Piala Asia U-20.

Keadaan ini bahkan sampai membuat pelatih Persija, Thomas Doll, dan Shin Tae-yong selaku pelatih timnas saling sindir. Shin kecewa dengan sikap Thomas Doll yang tidak mau melepas pemain Persija Jakarta ke ke TC timnas U-20.

Bambang Nurdiansyah menyebut, keadaan masih bisa ditengahi. Perebutan pemain antara pelatih klub lokal dan timnas dirasa bukan sikap yang elok.

"Itu (soal pemain) kan sebenarnya bisa dibicarakan baik-baik. Saya pikir itu nggak masalah. Masih ada jalan tengah," kata Bambang Nurdiansyah saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat pada Senin, 13 Februari.

"Bicaralah. Pelatih Persija kan akhirnya minta maaf. Sesama pelatih itu tidak boleh begitu sebenarnya. Di Eropa itu enggak ada rebutan gitu. Harus saling menghormati," lanjutnya.

Sebelumnya diketahui bahwa Persija masih belum melepas empat dari sembilan pemain yang diminta Shin Tae-yong ke Timnas U-20. Keempat pemain yang dimaksud adalah Alfriyanto Nico, Cahya Supriadi, Doni Tri Pamungkas, dan Muhammad Ferarri.

Alasannya, Persija masih membutuhkan tenaga keempatnya. Doll merasa kehilangan banyak kekuatan jika sembilan pemainnya dilepas untuk TC jangka panjang tersebut.

Namun belakangan polemik perebutan itu telah mencair, para pemain Persija juga disebut segera merapat ke timnas untuk TC. Hal ini disebutkan Menpora, Zainudin Amali disela agenda di Kemenpora, Jakarta Pusat.

"Saya dengar sudah ya (pemain gabung ke timnas U-20), tadi yang terakhir Persija, kata coach Indra Sjafri sudah ada, tidak ada masalah," kata Menpora di kesempatan terpisah.