Bagikan:

JAKARTA - Pemain naturalisasi anyar, Justin Hubner, sudah siap membela Timnas Indonesia seiring rampungnya proses perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI). Kabar baik ini disampaikan langsung oleh Ketum PSSI, Erick Thohir.

“Setelah proses naturalisasi tuntas, alhamdulillah Justin Hubner sudah menyelesaikan proses perpindahan federasi dari KNVB ke PSSI,” kata Erick Thohir dikutip dari laman Instagram pribadinya pada Jumat, 15 Desember 2023.

“Justin yang sebelumnya pernah memperkuat Belanda U-20, kini sudah bisa memperkuat Timnas Indonesia dalam waktu dekat,” tambahnya.

Dengan rampungnya proses perpindahan federasi, berarti Justin Hubner telah menuntaskan seluruh rangkaian proses naturalisasi dan telah resmi menjadi pemain Indonesia.

Sebelumnya Justin Hubner telah menjalani proses pengambilan sumpah warga negara Indonesia (WNI) di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, pada 6 Desember 2023.

Ia melewati proses naturalisasi dengan latar belakang darah Indonesia dari kakeknya, Ferdinand Rudolf Hubner. Rudolf Hubner diketahui merupakan orang asli Makassar, Sulawesi Selatan.

Setelah menuntaskan keseluruhan proses, Hubner kini jadi pemain naturalisasi keenam di bawah kepemimpinan Shin Tae-yong. Sebelumnya, sudah ada Sandy Walsh, Jordi Amat, Shayne Pattynama, Ivar Jenner, dan Rafael Struick.

Dengan statusnya yang sah sebagai WNI, Hubner kini punya peluang besar membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Ajang itu akan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Indonesia tergabung di Grup D bersama Jepang, Irak, dan Vietnam di Piala Asia 2023. PSSI memasang target agar dalam ajang ini Timnas Indonesia bisa lolos dari fase grup.