Brighton Taklukkan Marseille dalam Perebutan Juara Grup B
Striker Brighton and Hove Albion Joao Pedro saat merayakan gol bersama suporter. (X/@BHAFC)

Bagikan:

JAKARTA - Kejutan Brighton and Hove Albion berlanjut di Liga Europa. Dalam laga terakhir Grup B melawan Marseille di Stadion Amex, Jumat, 15 Desember dini hari WIB, Brighton menang 1-0. Brighton pun tampil sebagai juara grup dan lolos secara otomatis ke 16 besar.

Striker Joao Pedro menjadi bintang kemenangan Brighton setelah mencetak satu-satunya gol di laga tersebut. Begitu berhasil membobol gawang lawan, pemain berusia 22 ini langsung berlari dan melompat ke suporter untuk merayakannya.

Ya, Pedro menjadi bintang anyar The Seagulls setelah berperan penting mengantarkannya ke babak gugur Liga Europa. Ketajaman di kompetisi Eropa ditunjukkan dengan mengemas enam gol yang menjadikan pemain asal Brasil inisebagai top skor.

Brighton pantas merayakan keberhasilan lolos secara otomatis. Pasalnya mereka menghadapi tekanan karena Marseille hanya butuh imbang di laga tersebut untuk mengukuhkan posisi mereka sebagai pemuncak klasemen.

Meski demikian, Brighton tetap nothing to lose alias tak terbebani. Apalagi ini merupakan debut mereka di kompetisi Eropa.  

Laga pun berlangsung ketat. Marseille sempat mengancam gawang tuan rumah pada menit-menit awal pertandingan.

Hanya serangan mereka yang mengandalkan eks striker Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang bisa digagalkan. Pertahanan apik tuan rumah memberi keamanan gawang Jason Steele. 

Sementara, Brighton juga mengalami kesulian menghadapi pertahanan kokoh klub Ligue 1 Prancis ini. Manajer Roberto De Zerbi sampai frustrasi karena pemainnya tak bisa mencetak gol selama 80 menit.

Namun Pedro akhirnya memecah kebuntuan. Saat pertandingan memasuki menit 88, dirinya menyambut assist dari Pascal Gross dan tendangannya ke sudut kanan atas gawang tak bisa dijangkau kiper Pau Lopez.

Skor 1-0 untuk Brighton dan rupanya bertahan sampai akhir laga. Brighton pun tampil sebagai juara grup setelah mengantungi poin 13.

Unggul dua poin dari Marseille yang menduduki peringkat dua. Marseille pun harus melakoni play-offs melawan tim peringat tiga Liga Champions.

Pada pertandingan lain di grup sama, Ajax Amsterdam mengalahkan AEK Athens 3-1. Kemenangan itu menjadikan Ajax mengakhiri babak penyisihan dengan naik ke peringkat tiga.

Klub Eredivisie Belanda ini mengantungi poin lima. Sedangkan AEK Athens hanya memiliki empat poin. Ajax pun lolos ke babak gugur Europa Conference League. Hanya, mereka harus melalui jalur play-offs.

Terkait