Naturalisasi Tiga Pemain U-20 Baru Disetujui DPR, Shin Tae-yong Singgung Proses yang Lamban
Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengomentari proses naturalisasi yang tengah berlangsung untuk calon tiga pemainnya dalam tim U-20. Proses yang melibatkan Rafael Struick, Ivar Jenner dan Justin Hubner diakui Shin Tae-yong berjalan lambat. 

Ungkapan itu disampaikan Shin Tae-yong karena berbanding lurus dengan situasi saat ini. Akibat proses yang lambat itu, Justin Hubner kini  memilih menjalani latihan bersama timnas U-20 Belanda.

"Bisa terjadi masalah seperti ini (Hubner berlatih bersama Belanda) karena proses naturalisasinya kurang cepat,” singgung Shin Tae-yong di sela memimpin latihan gabungan tim senior dan U-20 di Stadion PTIK, Senin 20 Maret sore WIB.

Kendati proses naturalisasi berjalan lambat, tapi Shin Tae-yong menyakini Hubner masih berkomitmen untuk tetap menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Ia juga percaya bahwa Hubner akan segera tiba di Indonesia.

“Tetapi, saya sudah telepon langsung dia (Hubner) dua hari yang lalu, dan dia masih niat menjadi WNI," kata Shin.

"Jadi walaupun dipanggil Belanda, tidak masalah yang penting dia tetap melanjutkan proses naturalisasi dan saya percaya, dia akan segera datang ke Timnas Indonesia," ujar Shin Tae-yong. 

Soal naturalisasi tiga nama ini, Direktur Teknik (PSSI) Indra Sjafri sempat menegaskan bahwa proses masih terus berlanjut. Setelah perpindahan kewarganegaraan tuntas, federasi akan langsung memproses perpindahan asosiasi Hubner.

“Yang jelas PSSI memproses perpindahan kewarganegaraan (Hubner), setelah itu selesai, kita akan memproses perpindahan federasi," tutur Indra Sjafri dalam kesempatan berbeda.

Di hari yang sama, naturalisasi tiga pemain U-20 itu akhirnya mendapatkan restu dari Komisi III dan X DPR RI. Persetujuan ini disampaikan saat Rapat Dengar Pendapat (RDP).

Sayangnya, dalam rapat ini tidak semua pemain hadir secara virtual. Dalam rapat dengan Komisi X, hanya Ivar dan Rafael yang hadir.

Sedangkan dalam rapat dengan Komisi III, hanya Ivar yang ikut secara virtual. Baik itu Rafael Struick dan Justin Hubner diketahui absen karena harus berlatih.