Atalanta Paksa Sporting Lakoni Babak Play-offs Liga Europa
Pemain debutan Atalanta Giovanni Bonfanti merayakan gol saat menghadapi Rakow Czestochowa di Liga Europa. (X/@Atalanta_BC)

Bagikan:

JAKARTA - Atalanta tak kesulitan saat menaklukkan Rakow Czestochowa 4-0 di laga terakhir Grup D Liga Europa di Stadion Zaglebie Sports Park, Jumat, 15 Desember dini hari WIB. Atalanta pun memaksa Sporting CP melakoni babak play-offs sebelum mendapatkan tiket ke 16 besar.

Atalanta bersaing dengan Sporting memperebutkan posisi juara grup di laga pamungkas babak penyisihan.

Hanya saja, Atalanta sedikit di atas angin meski melakoni laga tandang melawan Rakow yang menduduki dasar klasemen.

Apalagi, mereka hanya butuh hasil imbang. Namun klub Serie A Italia tetap waswas. Pasalnya, Sporting yang menjadi pesaing Atalanta bertindak sebagai tuan rumah dengan menjamu Sturm Graz.

Namun Atalanta akhirnya bisa bernapas lega karena mampu mengatasi tekanan untuk memenangkan pertandingan krusial itu. Mereka tak kesulitan mengatasi Rakow.

Kemenangan telak itu memantapkan posisi La Dea di puncak klasemen dengan poin 14. Mereka tampil sebagai juara grup karena unggul tiga poin dengan Sporting dan memastikan lolos secara otomatis ke babak 16 besar.

Sedangkan Sporting yang berada di peringkat dua terpaksa melakoni play-offs melawan tim peringkat tiga Liga Champions.

Bukan perkara gampang bagi klub Portugal ini karena calon lawannya tak bisa dianggap enteng dan bisa menghambat laju mereka ke 16 besar Liga Europa.

Di pertandingan itu striker Luis Muriel mencetak brace bagi Atalanta. Dirinya harus menunggu sampai menit 14 untuk membobol gawang Rakow setelah menerima umpan dari Aleksei Miranchuk.

Selanjutnya, tim tamu berhasil menambah gol saat debutan Giovanni Bonfanti mencetak gol di menit 26. Gol ini berawal dari sepak pojok Atalanta yang menciptakan kemelut di depan gawang Rakow.

Pemain berusia 20 yang baru pertama kali masuk tim senior ini berhasil menguasai bola. Dirinya pun langsung melepaskan tendangan ke gawang.

Rakow mendapat peluang bagus untuk memperkecil ketinggalannya. Namun peluang yang diperoleh Lukasz Zwolinski gagal dikonversi menjadi gol setelah sepakannya berhasil ditepis. Skor tetap 2-0 untuk Atalanta saat 45 menit pertama berakhir.

Di babak kedua, Atalanta tak menurunkan tekanan terhadap pertahanan tim Polandia itu.

Di menit-menit awal, Muriel mendapat peluang setelah lolos dari jebakan offside dan tinggal berhadapan degan kiper Vladan Kovacevic. Sayangnya tendangan dia masih melebar.

Selanjutnya, Atalanta mendapat peluang bagus melalui Miranchuk. Namun lagi-lagi, dia tak bisa memaksimalkan peluang itu dengan baik.

Rakow sendiri sempat mengancam gawang Atalanta. Hanya saja sundulan Lukasz Zwolinski masih melambung.

Begitu pula Adnan Kovacevic dan Ante Crnac saat terjadi sepak pojok. Upaya mereka masih gagal membuahkan gol.

Sebaliknya, Muriel yang kemudian mencetak gol kedua bagi Atalanta. Dirinya membuat brace lewat serangan balik tim yang mengancam pertahanan Rakow.

Murie melepaskan tendangan ke gawang. Upaya gelandang Jean Carlos memotong bola tendangan Muriel masih gagal sehingga gawang tuan rumah kembali kebobolan.

Pemain sayap Charles De Ketelaere melengkapi kemenangan Atalanta. Dirinya mencetak gol pada injury time yang menjadikan pasukan Gian Piero Gasperini menang 4-0 saat menutup laga.