West Ham United Target Liga Europa Usai Lolos 16 Besar, Ini Alasannya
Pemain West Ham United Mohammed Kudus membawa tim ke 16 besar Liga Europa. (X/@EuropaLeague)

Bagikan:

JAKARTA - West Ham United memasang target tinggi di Liga Europa setelah lolos ke 16 besar dengan mengalahkan Freiburg 2-0 di laga terakhir Grup A di Stadion London, Jumat, 15 Desember dini hari WIB.

Laga terakhir West Ham melawan Freiburg untuk memperebutkan posisi juara grup sekali mendapatkan tiket otomatis ke 16 besar Liga Europa.

West Ham berada di atas angin untuk lolos karena hanya butuh hasil imbang. Mereka juga tampil di kandang sendiri sehingga motivasi untuk menang kian berlipat.

Hanya saja saat melakoni laga tersebut, West Ham tengah berusaha bangkit dari keterpurukan. Bagaimana tidak, di laga sebelumya, The Hammers menelan kekalahan telak 5-0 saat melawan Fulham di kompetisi Premier League Inggris.

Ini tentu menjadi modal tak bagus bagi Wst Ham. Namun, tim asuhan David Moyes mampu keluar dari beban mental.

Terutama setelah West Ham tak perlu menunggu lama unggul lebih dulu saat pemain sayap Mohammed Kudus membobol gawang Freiburg di menit 14. Dirinya berhasil memanfaatkan assist dari Edson Alvarez.

Selanjutnya, giliran Alvarez yang memantapkan kemenangan tuan rumah. Pemain timnas Meksiko ini menyelesaikan assist dari Jarrod Bowen di menit 42. Skor 2-0 ini bertahan sampai akhir laga.

Kemenangan tersebut menjadikan West Ham tampil sebagai juara grup setelah memiliki 15 poin. Mereka mengikuti jejak tim Premier League lainnya, Brighton and Hove Albion dan Liverpool, lolos ke babak gugur. Bahkan Liverpool sendiri sudah mendapatkan tiket ke 16 besar sebelum babak penyisihan berakhir.

Sedangkan Freiburg menempati peringkat dua dengan poin 12. Klub Bundesliga Jerman harus menjalani babak play-offs melawan tim yang mengakhiri penyisihan Liga Champions dengan menduduki posisi ketiga.

"Kami mengakhiri penyisihan grup dengan rekor brilian. Kami hanya kalah sekali melawan Olympiacos," kata Moyes.

"Di laga melawan Freiburg, kami juga menunjukkan penampilan terbaik dan seharusnya mencetak banyak gol. Saya senang karena kami mampu menjaga clean sheet," ujar dia.

"Freiburg tim yang bagus. Tetapi kami mampu mengontrol pertandingan dengan baik dan mencetak dua gol di babak pertama. Saya berharap kami bisa menjaga performa saat menghadapi Wolverhampton Wanderers di laga Minggu," kata Moyes yang pernah mengarsiteki Everton dan Manchester United ini.

Setelah melewati babak pertama, Moyes berharap West Ham bisa meraih prestasi lebih baik. Sebelumnya West Ham sudah pernah memenangi UEFA Europa Conference League, kini Moyes berharap yang terbaik di Liga Europa.

"Kami, sebelumnya, tak pernah disebut sebagai klub Eropa [klub yang rutin berlaga di kompetisi Eropa seperti Liga Champions, Liga Europa dan Europa Conference League]. Tetapi kini kami mulai diakui," ujarnya.

"Musim lalu, kami memenangi UEFA Europa Conference League. Dan, di musim sebelumnya lagi kami mencapai semifinal Liga Europa. Dengan sedikit keberuntungan, kami berharap meraih prestasi di kompetisi Eropa," kata dia lagi.

West Ham berharap mengukir prestasi di Liga Europa. Apalagi persaingan di 16 besar cukup merata.

Tim-tim dari Liga Champions yag turun ke Liga Europa juga tidak termasuk unggulan. Hanya di Liga Europa masih ada tim kuat Liverpool dn Bayer Leverkusen.