Risiko yang Diambil Moyes di Laga Dinamo Zagreb Vs West Ham Bakal Menentukan Musim <i>The Hammers</i>
David Moyes (Twitter @westham)

Bagikan:

JAKARTA - David Moyes membawa West Ham menang 2-0 atas Dinamo Zagreb di Liga Europa pada Kamis malam. Namun, pelatih asal Skotlandia itu mengambil risiko yang akan menentukan musim The Hammers.

West Ham menikmati pencapaian luar biasa musim lalu saat mereka finis di urutan keenam di Liga Premier. Namun kali ini akan berbeda.

Sekarang ada prospek untuk bersaing di kompetisi Eropa dan itu adalah salah satu yang dapat menyebabkan tim menjadi tidak stabil. Ada lebih sedikit waktu untuk mempersiapkan pertandingan akhir pekan, pemain lebih lelah, dan lebih sulit untuk menemukan ritme.

Biasanya, ini membuat tim mengesampingkan kompetisi Eropa dan fokus sepenuhnya pada liga. Mereka memainkan tim yang lemah dan setiap kemenangan tengah minggu hanyalah bonus.

Namun, West Ham mengambil pendekatan yang benar-benar berbeda. Pasukan Moyes tampil dengan kekuatan hampir penuh melawan Dinamo Zagreb, hanya mengistirahatkan beberapa pemain penyerang. Dan itu adalah risiko yang bisa menghancurkan musim mereka.

Melawan Dinamo, Moyes memberikan debut kepada Nikola dan memainkan Manuel Lanzini. Dia juga mengganti bek tengahnya tetapi hanya itu yang berubah. West Ham benar-benar turun dengan kekuatan penuh.

Tbrfootball menyebut, ini merupakan sebuah risiko. Akankah The Hammers berada dalam performa terbaiknya di akhir pekan saat menjamu Manchester United? Mungkin tidak. Pertandingan itu lebih sulit dari yang dibayangkan.

Dan memainkan tim kuat di Liga Europa adalah sebuah masalah. Pasalnya, kompetisi ini bisa dibilang 'lebih rendah' kualitasnya dibandingkan dengan Liga Premier. 

Tapi, ada juga potensi manfaat besar. Kemenangan West Ham atas Dinamo Zagreb di Liga Europa menempatkan mereka di posisi kuat untuk memuncaki grup. Beberapa kemenangan seperti ini lagi bakal membuat segalanya lebih mudah bagi Moyes.

Risikonya adalah West Ham sulit memenangkan pertandingan kontra Setan Merah. Dan The Hammers harus berjuang untuk menyeimbangkan skuat mereka dan mengejar ketinggalan untuk sisa musim ini.