Rekor Empat Tim Spanyol di Liga Champions
Striker Atletico Madrid Antoine Griezmann mencetak dua gol di laga terakhir grup Liga Champions (X/@atletienglish).

Bagikan:

JAKARTA - Atletico Madrid tampil sebagai juara Grup E setelah mengalahkan Lazio pada laga terakhir Liga Champions 2023/2024 di Stadion Metropolitano, Kamis, 14 Desember 2023 dini hari WIB.

Keberhasilan Atletico menjadikan klub-klub La Liga Spanyol mencetak rekor. Los Rojiblancos menunjukkan performa maksimal saat berebut posisi puncak dengan Lazio pada laga pamungkas grup.

Pada laga itu, pelatih Diego Simeone tak menurunkan skuat terbaik. Pemain andalan, Koke dan striker Alvaro Morata dibangkucadangkan. Antoine Griezmann dan Jose Maria Jimenez menjadi starter selama babak pertama.

Hasilnya, Los Colchoneros tetap tampil sebagai pemenang. Dua gol Griezmann dan Samuel Lino mengantarkan Atletico menang atas Lazio.

Atletico pun menjadi juara grup setelah mengumpulkan 14 poin, unggul empat poin dari Lazio yang menduduki peringkat dua.

Simeone pun merasa puas tim bisa tampil sebagai juara grup. Menurut dia, tim bermain bagus dalam bertahan dan menyerang sehingga tim bisa mencetak gol. Mereka juga tak kebobolan di laga tersebut.

Selain itu, Simeone telah mempersiapkan pemain dengan baik agar bisa bermain sesuai dengan gaya yang diinginkan.

"Menurut saya kemenangan di Belanda (melawan Feyenoord) yang paling sulit karena kami menghadapi laga yang tidak gampang, tetapi menentukan," ucap Simeone.

"Di pertandingan ini (vs Lazio), kami bermain kompak dalam bertahan dan bisa mencetak gol. Ini yang menjadi kunci keberhasilan kami lolos ke 16 besar Liga Champions."

Sementara itu, Lino yang turut mencetak gol menuturkan bila fans menjadi motivasi bagi dia dan rekan-rekannya untuk memenangi pertandingan.

"Kemenangan ini untuk fans yang mendukung kami. Pertandingan di kandang memang berbeda. Di sini, suporter memberi tekanan kepada kami. Ini yang memotivasi kami untuk bermain maksimal," ujar Lino.

"Kami menunjukkan permainan terbaik. Kami juga bermain dengan penuh energi. Kami juga sudah siap secara fisik untuk bermain sesuai gaya kami," katanya.

Keberhasilan Atletico menjadikan tim-tim La Liga Spanyol mencatat rekor. Semua yang lolos ke 16 besar berstatus juara grup.

Selain Atletico, tim seperti Real Madrid, Barcelona, dan Real Sociedad juga tampil sebagai juara grup. Praktis, hanya Sevilla selaku perwakilan Spanyol yang gagal lolos.

Keberhasilan mereka menjadikan La Liga paling banyak mengirim wakil ke babak knockout.

Italia menyusul dengan meloloskan tiga wakil, Inter Milan, Lazio, dan Napoli. Begitu pula Bayern Munchen, Borussia Dortmund, dan RB Leipzig yang mewakili Bundesliga.

Sementara yang lain hanya mengirimkan satu atau dua wakil saja. Inggris meloloskan juara bertahan Manchester City dan Arsenal yang masing-masing menjadi penguasa grup.

Sisanya dibagi rata, FC Copenhagen (Denmark), PSV Eindhoven (Belanda), Paris Saint-Jerman (Perancis), dan FC Porto (Portugal).

Tim Lolos 16 besar Liga Champions 2023/2024

Grup A

Bayern Munchen

FC Copenhagen

Grup B

Arsenal

PSV Eindhoven

Grup C

Real Madrid

Napoli

Grup D

Real Sociedad

Inter Milan

Grup E

Atletico Madrid

Lazio

Grup F

Borussia Dortmund

Paris Saint-Germain

Grup G

Manchester City

RB Leipzig

Grup H

Barcelona

FC Porto