Menghitung Trofi Pep Guardiola Sepanjang Kariernya, Jadi Manajer Paling Berprestasi
Pep Guardiola (Foto: Instagram.com/@mancity)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Kemana Pep Guardiola akan berlabuh jika hengkang dari Manchester City menjadi pertanyaan banyak orang. Pep sendiri menjadi manajer yang sangat berjasa bagi The Citizen. Bahkan jumlah trofi Pep Guardiola di Liga Inggris sudah mengungguli manajer-manajer senior, yaitu Jose Mourinho dan Arsene Wenger. 

Saat ini Pep Guardiola tengah dibayang-bayangi kekhawatiran sekaligus rasa kesal karena Manchester City terancam mendapat sanksi berat dari Premier League. Sebelumnya, Pep pernah mengancam akan mundur jika klubnya tidak jujur dalam hal keuangan. Pria berkebangsaan Spanyol ini menyatakan akan berhenti melatih jika klubnya tidak terbuka soal finansial. 

Pep Guardiola menjadi manajer Manchester City yang paling banyak mengumpulkan trofi atau piala. Bahkan Pep dinilai sebagai manajer terbaik abad ini karena selalu sukses membawa klubnya ke performa terbaik. Sudah berapa banyak trofi Pep Guardiola selama 14 tahun kariernya sebagai pelatih?

Total Trofi Pep Guardiola

Pep Guardiola telah diakui oleh banyak pihak sebagai manajer terbaik di dunia. Di kariernya yang terbilang belum lama, Pep sudah berhasil memboyong berbagai trofi, mulai dari Liga Spanyol, Liga Inggris, Luga Jerman, hingga Liga Champions. 

Berikut daftar trofi yang sudah dikumpulkan oleh Pep Guardiola sepanjang kariernya sebagai manajer.

Trofi Pep Guardiola di Barcelona

Pep Guardiola menjadi manajer klub Barcelona pada tahun 2008. Saat dipimpin oleh Pep Guardiola, Barcelona berhasil menjadi tim Spanyol pertama yang memenangkan treble di musim pertamanya. Sementara itu, Pep menyandang status sebagai manajer termuda yang memenangkan Liga Champions pada usia 37 tahun. 

Bersama Pep Guardiola, Barcelona kemudian memboyong dua gelar Liga Spanyol, yaitu Copa Del Rey dan Liga Champions. Kedua trofi tersebut diraih dalam periode empat tahun yang luar biasa. Klub berjuluk Blaugrana tersebut juga sukses meraih dua Piala Dunia Antarklub, dua Piala Super Eropa, dan tiga Piala Super Spanyol saat diasuh oleh Guardiola. Secara keseluruhan, total gelar yang ditorehkan oleh Guardiola adalah 14 gelar. 

Trofi Pep Guardiola di Bayern Munich

Saat melatih klub asal Jerman Bayern Munich, Pep Guardiola tetap mempertahankan prestasi gemilangnya. Saat menjalani musim pertama di Allianz, Guardiola bersama klubnya berhasil mencatat rekor 28 kemenangan berturut. Selain itu, dirinya bersama Bayern Munich berhasil mengamankan kepastian gelar Bundesliga paling awal dalam sejarah liga Jerman. 

Klub berjuluk Die Roten ini juga memenangkan DFB-Pokal untuk mengamankan dua gelar domestik serta Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antarklub. Setelah membawa Die Roten memimpin Bundesliga Jerman pada musim berikutnya, mism ketiga dan terakhir Guardiola berakhir istimewa. Bayern Munich mencatat rekor dua piala domestik lainnya, sehingga membawanya mendapat tujuh trofi selama waktunya di Bundesliga Jerman. Namun, Guardiola tidak berhasil meraih Liga Champions untuk Bayern Munich. 

Trofi Pep Guardiola di Manchester City

Pep Guardiola memutuskan melanjutkan kariernya di Liga Inggris bersama Manchester City pada tahun 2016. Di awal debutnya bersama Citizen, penampilannya masih kurang baik. Pelatih berkepala plontos tersebut mengakhiri musim tanpa membawa piala untuk pertama kali dalam karier kepelatihannya. 

Di musim selanjutnya, barulah Pep Guardiola membawa Manchester City memenangkan Liga Inggris. The Citizen menjadi juara dengan status ‘Centurions’ setelah mengumpulkan 100 poin dan meneguhkan diri sebagai salah satu tim terbaik dalam sejarah Premier League. 

Guardiola juga sukses memimpin Manchester City menjuarai empat kali beruntun Piala Liga. The Citizen juga sukses meraih Piala FA dan dua Community Shields. Setelah memenangkan gelar Premier League ketiga musim lalu, Guardiola berada dalam trek untuk menyabet trofi keempat dalam enam musim terakhir di Stadion Etihad. Total trofi yang sudah dikumpulkan oleh Guardiola selama di Manchester City yakni sebanyak sepuluh gelar. 

Demikianlah ulasan mengenai jumlah trofi Pep Guardiola. Di sepanjang kariernya, Guardiola telah mengumpulkan total 31 gelar dalam 14 tahun sebagai pelatih. Berbagai pencapaian yang sudah diraihnya menjadikannya sebagai salah satu manajer paling berprestasi dalam sejarah sepak bola dunia. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.