Bagikan:

JAKARTA - Maarten Paes dipastikan bisa membela Timnas Indonesia setelah masalah administrasi perpindahan federasi dari Belanda (KNVB) ke Indonesia (PSSI) rampung.

Dia bersyukur akhirnya permasalahan itu selesai. Paes kini sudah tak sabar tampil bersama Skuad Garuda dalam agenda terdekat.

"Saya sangat bersyukur memiliki kesematan ini dan bisa bermain untuk Timnas Indonesia. Saya rasa ingin datang ke sana (Indonesia) secepatanya, bermain secepatanya untuk Timnas Indonesia," tutur Paes.

Agenda terdekat Timnas Indonesia ialah Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia yang dimulai pada 5 September 2024.

Paes pun optimistis kehadirannya di Skuad Garuda bisa banyak membantu tim. Bahkan, dia termotivasi menciptakan sejarah manis buat Timnas Indonesia.

"Saya tidak sabar bertemu langsung dengan kalian (suporter). Kita ciptakan kenangan indah bersama," ujar kiper FC Dallas itu.

Maarten Paes sejatinya sudah menyandang warga negara Indonesia (WNI) pada April 2024. Namun, ia tidak bisa membela Timnas Indonesia lantaran perpindahan federasinya tidak mulus.

FIFA menolak perpindahan federasi kiper 26 tahun itu lantaran ditemukan fakta Paes bermain untuk Belanda U-21 saat berusia 22 tahun.

Federasi Sepak Bola Dunia itu merujuk Statuta FIFA yang mana perpindahan federasi bisa dilakukan ketika seorang pemain bermain untuk sebuah negara di bawah 21 tahun.

Karena itu, PSSI melakukan banding ke Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) lantaran Paes sebetulnya tidak turun dalam satu pertandingan pun di Belanda U-21.