Bagikan:

JAKARTA – Pelatih tim basket RANS Simba Bogor, Wahyu Hidayat Jati, optimistis skuad asuhannya bisa memenuhi target empat besar pada kompetisi Indonesia Basketball League (IBL) 2024.

RANS Simba Bogor termasuk dalam daftar 14 tim yang akan berkompetisi di kasta tertinggi basket nasional itu. Ini adalah musim ketiga mereka setelah menjadi kontestan pada 2022 dan 2023.

Wahyu mengatakan target yang diberikan oleh manajemen sangat mungkin dipenuhi. Terlebih di dua musim sebelumnya mereka termasuk pendatang baru yang langsung unjuk gigi di antara nama besar lainnya.

"Bukan tidak mungkin. Kemarin kami sudah sampai lima (besar). Ya, selangkah lagi kami coba untuk bisa masuk empat besar. Apalagi kami sudah kerja keras," kata sang pelatih.

RANS yang dimiliki selebriti Raffi Ahmad itu menunjukkan performa tidak main-main pada musim pertama dan kedua di IBL. Mereka tercatat langsung menembus babak playoff.

Pada musim pertama, RANS langsung menembus playoff dengan berada di posisi delapan klasemen akhir IBL musim reguler. Sementara itu, pada musim kedua mereka menyelesaikan musim di peringkat kelima klasemen akhir IBL 2023.

Wahyu mengatakan dengan berbagai perombakan mulai dari formasi tim, staf pelatih, dan manajemen memungkinkan target di atas bisa tercapai.

Ia hanya berharap pemain-pemain asing yang bergabung bisa beradaptasi dengan cepat.

"Kami lihat juga pemain asing beradaptasi. Kalau itu bisa berjalan dengan lancar, saya percaya kami bisa masuk empat besar," ujar juru taktik yang pernah menangani Timnas Basket Putra Indonesia itu.

RANS Simba meluncurkan tim untuk menghadapi IBL 2024 pada Senin, 11 Desember 2023, di Fullbelly Sport Center OCBC Bogor.

Kompetisi IBL 2024 akan bergulir pada 13 Januari 2024. Format pertandingan akan dilakukan dengan sistem kandang dan tandang.