Sikap Santai PSSI Saat Tahu Justin Hubner Dipanggil ke Timnas U-20 Belanda
Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. (Foto: PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Bek yang tengah dalam upaya naturalisasi Indonesia, Justin Hubner, santer diberitakan mendapat panggilan untuk membela timnas Belanda U-20. Terkait hal ini, PSSI bersikap santai.

Hal tersebut diungkap Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Menurutnya selama sang pemain punya komitmen untuk merapat ke timnas, pihaknya tak perlu khawatir dengan kabar pemanggilan Jong Oranje.

"Selama dia konsisten dan berkomitmen (menjadi WNI) tidak ada yang perlu dicemaskan," ujar Indra Sjafri di Lapangan B Gelora Bung Karno, Jakarta dikutip dari Antara pada Selasa 7 Maret

Sebelumnya beredar kabar Justin Hubner masuk dalam daftar pemain sementara timnas U-20 Belanda untuk menghadapi Prancis dalam laga persahabatan di Marbella, Spanyol, 25 Maret 2023.

Untuk laga itu, pelatih Martijn Reuser telah memanggil 35 nama. Namun untuk daftar final pemain, hal itu baru akan diumumkan pada 17 Maret 2023.

Meski Hubner santer dikabarkan jadi bagian timnas U-20 Belanda, Indra Sjafri menegaskan, PSSI tidak meragukan hasrat Justin untuk menjalani proses naturalisasi.

Keyakinan itu berbanding lurus dengan sikap Hubner yang telah menjalani proses untuk berganti kewarganegaraan. Terbukti ia telah datang langsung ke Indonesia pada Oktober 2022 dan menuntaskan pengisian serta pengumpulan dokumen pewarganegaraan.

Bukan cuma itu, Hubner juga sempat berlatih bersama timnas U-20 Indonesia di Turki pada November 2022 lalu.

"Misalnya dia tidak hadir di Indonesia, mungkin kami kurang yakin kepada dia. Namun, dia sudah datang ke Jakarta dan apa yang di undang-undang telah dilaksanakan. Doakan saja semuanya selesai sesegera mungkin," tutur Indra Sjafri soal keseriusan Hubner.

Sejauh ini ada tiga pemain yang disebut bakal mengikuti proses naturalisasi untuk Piala Dunia U-20 2023, mereka adalah Justin Hubner, Ivar Jenner dan Rafael Struick. Ketiga nama ini merupakan permintaan langsung dari pelatih tim nasional U-20 ,Shin Tae-yong.

Ketiga pemain yang berpaspor Belanda dengan darah keturunan Indonesia itu diharapkan bisa meningkatkan kualitas Indonesia saat berlaga di Piala Dunia U-20 2023.