Bagikan:

JAKARTA – Timnas Indonesia U-20 akan memainkan laga terakhir fase grup Piala Asia U-20 2023 melawan Uzbekistan. Ini menjadi laga krusial buat Garuda demi memastikan tiket ke babak perempat final.

Duel Indonesia U-20 melawan tim tuan rumah akan berlangsung di Istiqlol Stadium, Fergana, Selasa, 7 Maret 2023. Sepak mula (kick off) pertandingan dimulai pada pukul 21.00 WIB.

Sejauh ini dari dua pertandingan yang sudah dimainkan, Indonesia telah mengoleksi satu kemenangan dan satu kekalahan. Satu kemenangan diperoleh melawan Suriah pada pertandingan kedua.

Sementara itu, saat bersua dengan Irak dengan pertandingan, Indonesia gagal mendulang angka. Di laga itu, pasukan asuhan Shin Tae-yong ini harus mengakui keunggulan lawan dua gol tanpa balas.

Hasil itu membuat Indonesia mengoleksi tiga poin dan menempati urutan ketiga klasemen sementara grup. Garuda Muda berada di belakang pemuncak klasemen Uzbekistan dan Irak.

Uzbekistan sudah mengoleksi enam poin berkat dua kemenangan melawan Suriah dan Irak. Oleh karena itu, mereka cuma membutuhkan hasil imbang saja melawan Indonesia untuk ke perempat final.

Meski demikian, tim tuan rumah tentu tidak ingin bermain aman untuk mendapat satu poin saja. Mereka sudah pasti akan memburu kemenangan melawan Indonesia demi melaju dengan rekor yang sempurna.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-20 harus menang jika ingin punya peluang lolos ke perempat final. Akan tetapi, kans Indonesia tidak terlalu besar karena hasil laga Irak melawan Suriah ikut menjadi penentu.

Indonesia bisa lolos ke perempat final jika Irak kalah melawan Suriah. Jika skenario itu terjadi maka Indonesia minimal membutuhkan hasil imbang untuk mendapatkan tiket ke babak delapan besar.

Sebaliknya, andai Irak menang maka Indonesia juga harus menang, tetapi dengan margin gol harus lebih besar. Pasalnya, saat ini Indonesia masih kalah head to head dengan Irak dalam selisih gol.

Perkiraan formasi pemain:

Indonesia (3-4-3): Daffa Fasya; Muhammad Ferarri, Kakang Rudianto, Robi Darwis; Sulthan Zaky, Arkhan Fikri, Dony Tri Pamungkas, Resa Aditya; Hugo Samir, Ronaldo Kwateh, Hokky Caraka

Pelatih: Shin Tae-yong

Uzbekistan (4-2-3-1): Otabek Boymurodov; Abubakir Ashurov, Jakhongir Orozov, Makhmudjon Makhamadjonov, Zafarmurod Abdurahmatov; Diyorbek Ortiqboyev, Nodirbek Abdurazzoqov; Bekhruzbek Asqarov, Umarali Rahmonaliyev, Abbosbek Fayzullaev; Polatkhoja Kholdorkhonov

Pelatih: Ravshan Khaydarov