Bagikan:

JAKARTA - Pelatih Timnas Indonesia U-20, Shin Tae-yong mengklaim pasukannya sudah siap tempur pada terakhir melawan Uzbekistan di fase Grup A Piala Asia U-20 2023, Rabu, 8 Maret.

Laga ini merupakan penentuan untuk kedua tim. Skuad Garuda Nusantara wajib menang jika ingin mengamankan tiket ke babak berikutnya. Menurutnya skuad Garuda Nusantara kini dalam kondisi baik dan siap tampil maksimal.

Laga melawan tuan rumah akan digelar di Stadion Istiqlol, Fergana pada Selasa, 7 Maret. Ini memaksa Muhammad Ferrari dan kawan kawan harus melakukan perjalanan cukup melelahkan.

Seperti diketahui, tim Merah Putih sebelumnya berbasis di Tashkent karena dua laga dilakukan di sana.

"Kami memang sebelumnya di Tashkent lalu (pindah) ke Fergana, sedikit capek tapi kami sudah adaptasi dengan cuaca dan kondisi (pemain) baik,” buka Shin Tae-yong dalam keterangan jelang laga.

Shin Tae-yong menyadari kekuatan Uzbekistan yang bakal bertambah seiring dengan dukungan langsung para suporternya.

Nyatanya itu tak membuat pelatih asal Korea Selatan ini meragukan performa timnya. Shin yakin anak asuhnya bisa menghadapi ujian terakhir ini dengan baik.

"Memang keseluruhan skuad pemain Uzbekistan baik, apalagi (Uzbekistan) ada dukungan penuh dari suporter karena ini laga home," katanya soal tim lawan.

“Walaupun begitu kami akan melakukan permainan dengan baik, karena kondisi pemain juga baik. Jadi kami akan menunjukan yang terbaik lawan Uzbekistan."

"Kami tegaskan pemain agar mereka semakin kuat dan mempersiapkan untuk main besok semaksimal mungkin,” papar sang pelatih.

Saat ini timnas U-20 berada di posisi ketiga Grup A dengan mengantongi tiga poin. Sementara Uzbekistan tampil apik dengan melahap bersih dua laga yang membuat mereka berada di puncak grup dan mengemas enam poin.

Melihat catatan itu, Shin Tae-yong sadar bahwa Uzbekistan bukan lawan yang mudah. Untuk itu selain menggembleng anak asuhnya untuk tampil maksimal, ia juga berharap dukungan penuh dari suporter Tanah Air.

“Hasil pertama lawan Irak tidak baik (kalah), tapi lawan Suriah, ya baik untuk hasilnya. Ini (laga) ketiga lawan Uzbekistan yang paling sulit kelihatannya, tetapi mohon dukungannya dari fans Indonesia agar bisa dapatkan kemenangan,” tandas Shin Tae-yong.