Singkirkan Genoa di Coppa Italia, Lazio Lolos ke Perempat Final
Gelandang Matteo Guendouzi membawa Lazio lolos ke perempat final Coppa Italia.

Bagikan:

JAKARTA - Lazio menyingkirkan tim sesama Serie A Italia, Genoa, setelah menang tipis 1-0 di babak 16 besar Coppa Italia di Stadion Olimpico, Rabu, 6 Desember dini hari WIB. Lazio pun lolos ke perempat final untuk menghadapi AS Roma atau Cremonese.

Gol cepat yang memenangkan Lazio. Setelah gol dari Matteo Guendouzi, kedua tim tidak mampu membobol gawang lawan. Laga pun berjalan membosankan sampai akhirnya Biancocelesti menutup laga dan Genoa pun tersingkir.

Di laga itu, Lazio masih belum diperkuat sejumlah pemain pilar, termasuk bek tengah Alessio Romagnoli dan gelandang Luis Alberto yang cedera.

Striker Valentin Castellanos kembali menjadi pilihan pertama. Sementara, Ciro Immobile terpaksa tetap duduk di bench meski membantu Lazio menang 2-0 atas Celtic di Liga Champions.

Hanya saja, Castellanos yang menjadi andalan kembali gagal menunjukkan ketajaman. Sebaliknya, gol Lazio dihasilkan Guendouzi saat pertandingan baru berjalan lima menit.

Gol berawal dari Luca Pellegrini yang berhasil menguasai bola dan kemudian membawanya menyisir sektor kiri, Pellegrini kemudian melepaskan umpan yang disambut dengan baik oleh Guendouzi.

Ini menjadi gol pertama eks pemain Arsenal sejak bergabung dengan Lazio. Namun pemain Prancis ini direkrut dari Marseille pada awal musim.

Setelah gol itu, Lazio tetap mengambil inisiatif menyerang. Namun tidak ada gol yang tercipta sampai akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua terjadi miskomunikasi di antara pemain Lazio yang bertubrukan saat menyambut bola. Akibatnya Felipe Anderson dan Castellanos sempat menjalani perawatan akibat insiden itu.

Meski demikian, keduanya masih bisa melanjutkan pertandingan. Hanya, Castellanos kemudian ditarik digantikan Immobile.

Masuknya mantan striker timnas Italia masih tak membawa perubahan di sektor depan.

Serangan Lazio memang lebih hidup karena Immobile menciptakan beberapa peluang. Dia juga membuat umpan yang gagal diselesaikan oleh Toma Basic. Sampai akhir laga skor tetap 1-0 untuk Lazio.

Di perempat final memungkinkan untuk terjadi Derby d'Capitale bila Roma menyingkirkan Cremonese. Bila itu yang terjadi, maka Roma menghadapi Lazio dalam derby di Coppa Italia. 

Kemenangan atas Genoa juga menunjukkan performa gemilang The Aquile yang tak kebobolan selama tiga laga berturut-turut.

Pelatih Maurizio Sarri pun merasa puas dengan pencapaian Lazio. Eks manajer Chelsea ini tak segan memuji Guendouzi yang tidak hanya menjadi penentu kemenangan tetapi juga terpilih sebagai Man of the Match.

"Dia pemain yang penuh energi dan berkarakter. Dia juga suka tantangan. Saya sudah terkesan dengan performa dia saat di Premier League. Energi yang diperlihatkan itu seperti saat di bermain di Premier League," ucap Sarri.