Valencia dan Getafe Kerja Keras Lolos ke Babak Ketiga Copa del Rey
Valencia melajuke babak ketiga setelah menyingkirkan Arosa SC lewat gol Roman Yaremchuk. (Twitter @valenciacf_en)

Bagikan:

JAKARTA - Valencia dan Getafe, dua klub La Liga Spanyol, harus bekerja keras menyingkirkan lawan-lawannya dari divisi bawah di babak kedua Copa del Rey. Baik Valencia maupun Getafe hanya bisa menang tipis sebelum melangkah ke babak ketiga, Rabu, 6 Desember dini hari WIB.

Tidak ada kejutan di babak awal Copa del Rey. Tim-tim La Liga tetap melaju meski harus bekerja keras untuk menyingkirkan lawan-lawannya.

Valencia nyaris dipermalukan klub amatir Arosa SC yang bertindak sebagai tuan rumah. Arosa merupakan tim dari divisi lima atau bermain di Tercera Division – Grup 1. Mereka menjamu Valencia di Stadion A Lomba yang berkapasitas 5.000 tempat duduk.

Jauh lebih kecil dibandingkan dengan Stadion Manahan, Solo, Indonesia, yang digunakan laga final Piala Dunia U-17 2023.

Manahan sendiri berkapasitas 19.000 tempat duduk. Namun pada pertandingan Piala Dunia U-17, seat-nya dibatasi menjadi hanya 16.900.

Arosa sendiri lolos ke babak kedua meski kalah 3-0 dari klub Lal Liga Granada di babak pertama. Hanya saja, Granada kemudian didiskualifikasi karena menurunkan pemain yang tidak ada dalam daftar.

Jadilah Arosa yang lolos untuk menghadapi Valencia. Namun, mereka pun tak berkutik menghadapi Los Che. Di laga itu, Valencia tak menurunkan skuat terbaik.

Meski demikian, tim La Liga itu jelas masih terlalu kuat bagi tuan rumah. Pertandingan baru berjalan delapan menit, striker Roman Yaremchuk sukses membobol gawang Arosa.

Usai gol Yaremchuk, Valencia malah kesulitan memperbesar keunggulan. Sampai akhir laga, skor 1-0 untuk Valencia tak berubah.

Di pertandingan lain, Getafe juga harus bekerja keras mengalahkan Atzeneta UE 2-1. Seperti Arosa, mereka juga berkompetisi di Tercera Division.

Di pertandingan itu, striker Juanmi Latasa mencetak brace yang membawa Getafe meraih kemenangan sekaligus melaju ke babak berikutnya.

Latasa membuka kemenangan di menit 53. Namun Atzeneta tak butuh waktu lama untuk menyamakan skor. Hanya berselang tiga menit, Gorxa mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Getafe tetap bermain menyerang. Dan, Latasa mencetak gol yang menentukan kemenangan di menit 74. Tidak ada gol yang tercipta dan Valencia menang 2-1 atas lawannya.

Di pertandingan lain, Espanyol yang musim lalu masih berkompetisi di La Liga mengalahkan Real Valladolid 3-1. Sedangkan kejutan kecil terjadi saat Real Oviedo dipaksa menyerah 3-1 oleh tim divisi tiga CD Castellon.