Diwarnai Tiga Kartu Merah, Valencia Kalah Lawan Getafe
Pemain Getafe Gaston Alvarez saat berebut bola dengan pemain Valencia Dimitri Foulquier di pertandingan La Liga Spanyol. (Twitter @valenciacf_en)

Bagikan:

JAKARTA - Valencia harus mengakui keunggulan Getafe 1-0 di pertandingan La Liga Spanyol di Stadion Coliseum, Sabtu, 9 Desember dini hari WIB. Laga yang berlangsung ketat dan keras ini diwarnai tiga kartu merah.

Laga dua tim papan tengah yang sama-sama pantas memenangkannya. Terutama setelah mereka lolos ke babak berikutnya di Copa del Rey.

Valencia dan Getafe sama-sama menurunkan pemain lapis kedua saat berlaga di Copa del Rey pada laga midweek. Pasalnya, mereka menghadapi lawan-lawan dari divisi bawah.

Meski tanpa skuat terbaik, Valencia dan Getafe bisa melaju ke babak ketiga. Valencia menyingkirkan Arosa 1-0. Sedangkan Getafe menang juga dengan skor 1-0 atas Atzeneta.

Situasi berbeda saat kedua tim berduel di kompetisi La Liga. Getafe yang bertindak sebagai tuan rumah dan Valencia menurunkan skuat terbaik. Mereka berusaha tampil maksimal meraih kemenangan.

Namun Getafe yang beruntung. Striker Borja Mayoral membawa tuan rumah memenangkan laga krusial tersebut.

Kemenangan itu menjadikan Getafe memperbaiki posisinya. Kini, mereka naik ke peringkat delapan dengan poin 22. Sedangkan Los Che yang memiliki poin 19 tertahan di posisi 10.

Laga itu sendiri berlangsung ketat dan keras. Kedua tim sama-sama menyerang tetapi tidak ada gol yang tercipta di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Valencia kehilangan seorang pemain setelah Gabriel Paulista mendapat kartu kuning kedua yang disusul dengan kartu merah.

Bek Brasil ini diusir wasit setelah melakukan pelanggaran dengan menyikut Juanmi Latasa di menit 50.

Keunggulan jumlah pemain memang dimanfatakan Getafe untuk menekan lawan. Penguasaan bola yang sebelumnya berimbang pun akhirnya lebih banyak di kaki pemain tuan rumah.

Hanya keunggulan ball possession yang mencapai 62% belum memberi hasil positif. Getafe kesulitan menembus pertahanan Valencia dan tak bisa mengonversi peluang menjadi gol.

Meski demikian, kesabaran pemain Getafe akhirnya membuahkan hasil. Mayoral sukses membobol gawang lawan lewat sundulan yang menyambut umpan silang dari Juan Iglesias.

Dalam situasi tertinggal, Valencia kembali kehilangan seorang pemain. Hanya berselang satu menit setelah gol itu, Javier Guerra diusir wasit Guillermo Cuadra karena melakukan protes keras.

Selanjutnya, giliran pemain Getafe Domingos Duarte yang bertindak bodoh. Saat sudah unggul dan pertandingan tinggal beberapa saat lagi, dirinya malah bertindak tidak pantas dengan memaki wasit.

Buntunya Cuadra mengeluarkan kartu merah untuk Duarte. Ironisnya tak lama kemudian pertandingan berakhir untuk kemenangan 1-0 Getafe.