MotoGP 2022 Berlanjut Agustus di Sirkuit Silverstone, Ini Jadwal Sisa dan Klasemen Pebalap
Balapan MotoGP 2022. (Foto: Instagram.com/@motogp)

Bagikan:

JAKARTA - Sepanjang Juli 2022, para pebalap MotoGP menjalani liburan jeda paruh musim. Pada 7 Agustus mendatang, para pebalap sudah kembali dihadapkan dengan balapan yang dimulai di Sirkuit Silverstone, Inggris.

Paruh pertama musim MotoGP 2022 berakhir di Sirkuit Assen, Belanda pada akhir Juni lalu. Padahal semestinya setelah agenda itu ada MotoGP Finlandia, tapi dibatalkan karena pandemi COVID-19.

Usai jeda paruh musim, agenda akan dibuka dengan MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone yang dimulai pada 5-7 Agustus. Selanjutnya agenda akan diisi dengan tiga seri balapan Eropa.

Seri Eropa ini yang mulai berlangsung di MotoGP Austria pada 21 Agustus, MotoGP San Marino pada 4 September dan MotoGP Aragon yang digelar 18 September. Setelahnya balapan akan balapan pindah ke zona Asia dan Australia.

Untuk agenda MotoGP zona asia akan dibuka dengan balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi pada 25 September. Setelah itu Sirkuit Buriram akan menggelar balapan MotoGP Thailand pada Oktober, disusul MotoGP Australia 16 Oktober dan MotoGP Malaysia 23 Oktober.

Jadwal MotoGP 2022 di sisa musim ini kemudian akan ditutup dengan balapan di MotoGP Valencia pada 6 November mendatang.

Hingga paruh musim 2022, Fabio Quartararo masih memuncaki klasemen MotoGP 2022 dengan torehan 172 poin. El Diablo unggul 21 poin atas pembalap Aprilia Aleix Espargaro.

Namun dengan jarak poin yang ada dan agenda kompetisi yang masih cukup panjang, banyak kemungkinan yang bisa terjadi. Apalagi di beberapa seri sebelumnya juga memunculkan kejutan soal peraih podium yang tak terduga, jadi Quartararo masih harus waspada terhadap posisinya saat ini.

Berikut Jadwal MotoGP 2022 di sisa musim:

7 Agustus: Silverstone / MotoGP Inggris

21 Agustus: Red Bull Ring / MotoGP Austria

4 September: Misano / MotoGP San Marino

18 September: MotorLand Aragon / MotoGP Aragon

25 September: Motegi / MotoGP Jepang

2 Oktober: Buriram / MotoGP Thailand

16 Oktober: Phillip Island / MotoGP Australia

23 Oktober: Sepang / MotoGP Malaysia

6 November: Valencia / MotoGP Valencia

Klasemen MotoGP 2022

Fabio Quartararo 172 poin

Aleix Espargaro 151 poin

Johann Zarco 114 poin

Francesco Bagnaia 106 poin

Enea Bastianini 105 poin

Brad Binder 93 poin

Jack Miller 91 poin

Joan Mir 77 poin

Alex Rins 75 poin

Miguel Oliveira 71 poin