Bagnaia Terpuruk Di FP1 MotoGP Australia, Gangguan Serangga Jadi Penyebabnya
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia. (Foto: Twitter/@ducaticorse)

Bagikan:

JAKARTA - Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia, gagal menunjukan penampilan terbaik saat latihan bebas pertama (FP1) di MotoGP Australia karena gangguan serangga.

Pada sesi latihan Jumat, 20 Oktober siang WIB di Sirkuit Philip Island, Pecco sapaan akrabnya hanya mampu finish di posisi ke-11. Penampilan Bagnaia sempat diragukan karena terlihat beberapa kali keluar-masuk garasi.

Hal itu ditengarai dilakukan Bagnaia untuk berkomunikasi dengan kru agar mendapatkan performa terbaik dalam mengendarai motornya.

Menjelang berakhirnya sesi FP1 MotoGP Australia, Bagnaia kembali terlihat merapat ke garasi Ducati, namun kali ini ia tidak turun dari motor.

Dikutip dari unggahan MotoGP di X, Bagnaia nampak meminta kru dan teknisi memperbaiki motornya. Kru Ducati terlihat sibuk memperbaiki sesuatu di dashboard motor Desmosedici GP23 yang ditunggangi sang pebalap.

Di momen yang bersamaan kamera menyoroti bagian rem tangan yang sedang ditangani. Tetapi alih-alih motor mengalami masalah di bagian itu, ternyata Bagnaia meminta tim untuk membersihkan bagian itu karena percikan dari serangga besar.

Dalam video juga terlihat bahwa tidak ada alat khusus yang dibawa mekanik Ducati saat membantu Bagnaia. Mereka hanya menggunakan tisu untuk membersihkan tuas rem tangan, juga mengelap bagian telapak dari sarung tangan yang digunakan Bagnaia.

“Mungkin masalah kecil untuk @PeccoBagnaia ? Tim baru saja membersihkan sarung tangan dan tuasnya,” tulis akun @MotoGP.

“Rupanya hal ini disebabkan Pecco yang memercikkan serangga berukuran agak besar ke tuas rem! Tidak ada masalah dengan rem, hanya diperlukan pekerjaan pembersihan serangga yang cepat!” lanjut akun tersebut memberikan info tambahan soal apa yang terjadi.

Sebelum Bagnaia yang diganggu serangga saat ngaspal, balapan Moto2 juga sempat dihentikan karena ada beberapa unggas endemik Australia yang berjalan santai melewati lintasan.