Bagikan:

JAKARTA - Agenda sesi Latihan Bebas Pertama (FP1) MotoGP Australia 2024 batal digelar. Dijadwalkan berlangsung di Sirkuit Philip Island pada Jumat, 18 Oktober 2024, kegiatan tersebut urung terlaksana lantaran hujan deras yang terus mengguyur lokasi.

Dikutip dari Crash, sesi FP1 MotoGP Australia rencananya digelar pada pukul 06.45 WIB. Karena hujan deras yang mengguyur sirkuit, FP1 ditunda selama 20 menit.

Setiap batas waktu penundaan terlewati, safety car yang dikemudikan legenda balap motor asal Italia, Loris Capirossi, masuk ke lintasan. Tujuannya agar safety car itu bisa memeriksa kelayakan kondisi sirkuit untuk menggelar sesi FP1.

Safety car berulang kali cek kelayakan Sirkuit Phillip Island (Instagram/@motogp).

Namun, setiap safety car usai bertugas, pengumuman penundaan selama 20 menit ke depan kembali terjadi. Hal itu beberapa kali terjadi dan berulang-ulang.

Sempat pula ada pengumuman bahwa pit lane bakal dibuka dalam kurun waktu 10 menit. Namun, pada akhirnya penundaan kembali terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi kembali mengguyur sirkuit.

Setelah berkali-kali mengalami penundaan, sesi FP1 MotoGP Australia 2024 akhirnya resmi dibatalkan. Pembatalan itu diumumkan saat penundaan hampir mendekati dua jam dari jadwal yang direncanakan.

MotoGP 2024 saat ini sedang memasuki fase akhir kompetisi. MotoGP Australia 2024 adalah satu dari empat seri terakhir di musim ini.

Sejauh ini, Jorge Martin memimpin klasemen MotoGP 2024 dengan koleksi 392 poin. Jorge Martin unggul 10 angka dari Francesco Bagnaia yang ada di peringkat kedua.