Bagnaia Menangi Sprint Race Perdana MotoGP: Saya Sangat Menikmati Balapan Singkat Ini
Pebalap Ducati, Francesco Bagnaia. (Foto: Twitter/@MotoGP)

Bagikan:

JAKARTA – Francesco Bagnaia sukses keluar sebagai pemenang Sprint Race MotoGP 2023 Grand Prix Portugal. Ia finis di depan Jorge Martin yang mengekor di posisi kedua.

Sprint Race perdana MotoGP ini berlangsung di Sirkuit Algarve, Sabtu, 25 Maret malam WIB. Bagnaia berhasil keluar sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 19 menit 52,862 detik.

Pebalap yang menunggangi Ducati tersebut unggul sebanyak 0,307 detik dari Jorge Martin yang mengekor di belakangnya. Menyusul kedua nama itu adalah pebalap Repsol Honda Marc Marquez di posisi ketiga.

Hasil ini membuat Bagnaia selaku juara bertahan MotoGP memuncaki klasemen sementara dengan koleksi 12 poin. Sementara itu, Jorge Martin berhak di tempat kedua dengan perolehan sembilan poin.

"Saya sangat menikmati balapan ini, meskipun rasanya susah juga untuk menang karena balapannya sangat ketat," ujar Bagnaia selepas balapan.

"Saya bersenang-senang sembari mencoba untuk mendorong diri saya lebih jauh. Saya memanfaatkan banyak teknik, dan saya sangat menikmati balapan singkat ini," lanjutnya.

Adapun berturut-turut yang melengkapi posisi lima besar adalah Jack Miller dan Maverick Vinales. Sementara itu, dari posisi keenam hingga kesepuluh adalah Aleix Espargaro, Miguel Oliveira, Johann Zarco, Alex Marquez, dan Fabio Quartararo.

Sprint Race di Grand Prix Portugal adalah pertama kalinya ada di MotoGP. Format balapan baru ini dibuat Dorna Sport dengan tujuan mendongkrak popularitas balapan bergengsi itu.

Agenda berikutnya MotoGP Portugal adalah balapan yang akan berlangsung pada Minggu besok. Setelah dari Portugal, MotoGP akan melanjutkan seri kedua di Autodromo, Argentina, pada 3 April nanti.

Hasil Sprint Race MotoGP Portugal 2023 (10 Besar):

  1. Francesco Bagnaia
  2. Jorge Martin
  3. Marc Marquez
  4. Jack Miller
  5. Maverick Vinales
  6. Aleix Espargaro
  7. Miguel Oliveira
  8. Johann Zarco
  9. Alex Marquez
  10. Fabio Quartararo