Apriyani/Fadia dan Gregoria Lolos ke Semifinal Swiss Open 2023
Ganda putri, satu dari dua wakil Indonesia di semifinal Swiss Open 2023. (FOTO/INSTAGRAM @r.apriyanig)

Bagikan:

JAKARTA – Indonesia hanya punya dua wakil tersisa di babak semifinal Swiss Open 2023. Kedua wakil tersebut masing-masing dari sektor ganda dan tunggal putri.

Dari nomor ganda, tiket didapat oleh pasangan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Mereka lolos usai menyingkirkan Li Yi Jing/Luo Xu Min dua gim langsung 22-20, 21-5.

Pemilik medali emas SEA Games Vietnam ini selanjutnya bertemu pasangan Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Ini adalah pertemuan pertama di antara kedua pasangan tersebut.

Sementara itu, di nomor tunggal putri yang mencapai semifinal adalah Gregoria Mariska Tunjung. Juara dunia junior 2017 ini ke empat besar setelah menghentikan tunggal Skotlandia, Kirsty Gilmour.

Gregoria akan ditantang tunggal Thailand Pornpawee Chochuwong untuk merebut tiket final. Kedua pemain ini memiliki catatan head to head sama kuat 2-2. 

Pertemuan terakhir keduanya terjadi di Hylo Open 2022. Ketika itu, Gregoria memenangi duel setelah melewati pertandingan rubber game dengan skor akhir 21-14, 20-22, 22-20.

Indonesia sebenarnya punya lima wakil di babak perempat final Swiss Open 2023. Namun, tiga lainnya harus pulang lebih dini dari ajang berlevel Super 300 BWF tersebut.

Tiga wakil yang sebelumnya telah angkat koper ada tunggal putri Putri Kusuma Wardani, ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri, dan ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

Babak semifinal Swiss Open 2023 akan digelar di St. Jakobshalle, Basel, pada Sabtu, 25 Maret 2023. Rangkaian pertandingan akan dimulai pukul 20.00 WIB.