Tyson Fury Bisa Saja Pensiun usai Duel dengan Oleksandr Usyk pada 29 April Batal Terlaksana
Petinju asal Inggris, Tyson Fury. (Foto: Twitter @Tyson_Fury)

Bagikan:

JAKARTA – Tyson Fury diperkirakan pensiun dari dunia tinju setelah negosiasi melawan Oleksandr Usyk menemui jalan buntu. Padahal, duel yang sangat dinantikan ini rencananya dihelat bulan depan.

Promotor Fury, Frank Warren, mengutarakan kemungkinan tersebut satu hari setelah muncul kabar negosiasi Fury dan Usyk resmi berakhir.

"Dengar, dia mungkin akan pensiun. Saya tidak tahu apa yang ingin dia lakukan. Ia akan melakukan apa pun yang ingin dilakukannya," ujar Warren dilansir dari Boxing Scene pada Jumat, 24 Maret 2023.

Fury yang memegang gelar WBC dan Usyk yang merupakan juara WBO, WBA, IBF, dan IBO, dipersiapkan naik ring pada 29 April nanti. Keduanya berduel untuk juara kelas berat tak terbantahkan.

Namun, negosiasi sampai berlarut-larut karena kedua belah pihak tidak menemui kata sepakat soal kompensasi. Tuntutan Fury yang terlalu banyak membuat pihak Usyk merasa tidak dihargai.

Permintaan aneh-aneh membuat tim Usyk menilai Fury tidak punya niat kuat untuk bertarung di ring. Oleh karena itu, mereka pun terpaksa membatalkan proses negosiasi dengan petarung asal Inggris itu.

Warren mengatakan bahwa jalan buntu dalam negosiasi dengan Usyk jelas membuat Fury kesal. Pasalnya, Sang Raja Gipsi sudah melakukan persiapan matang untuk melawan jagoan asal Ukraina.

"Tyson sedikit (kesal) karena jelas dia terus berlatih. Dia punya pelatih. Ini bukan pembicaraan (yang belum kami lakukan). Semuanya masih terlalu mentah saat ini. Kami akan menyelesaikannya," kata pria yang juga bos Queensberry Promotions itu.

Jika Fury benar-benar mengumumkan pensiun, ini bukanlah yang pertama kali dilakukannya. Petinju asal Manchester ini sebelumnya pernah mengumumkan gantung sarung tinju sebelum kembali ke ring.

Pada tahun 2016 lalu, di tengah masalah narkoba dan kesehatan mental, Fury sudah pernah mengumumkan dirinya akan pensiun. Namun, beberapa jam kemudian, ia menarik kembali pernyataan itu.

Pada tahun berikutnya Fury kembali mengumumkan mau meninggalkan ring tinju. Akan tetapi, lagi-lagi dia kembali bertarung pada tahun 2018 lalu, termasuk melawan Deontay Wilder.

Setelah itu, Fury bertarung sebanyak enam kali lagi, termasuk dua kali melawan Wilder untuk trilogi mereka. Adapun ia naik ring terakhir kali melawan Derek Chisora pada ujung tahun lalu.