Inilah Sederet Aksi Kontroversi Marc Marquez di  Lintasan Balap, Terbaru Jadi Biang Kerok Kecelakaan di GP Portugal
Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Foto: Twitter/@HRC_MotoGP)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Rider Repsol Honda Marc Marquez termasuk pembalap yang kerap mendapat kritikan karena aksi kontroversialnya di lintasan. Aksi kontroversi Marc Marquez yang terbaru yakni melakukan manuver agresif di MotoGP Portugal yang dipentaskan pada Minggu, 26 Maret 2023.

Dalam balapan di Sirkuit Algarve, The Baby Alien melakukan manuver ceroboh pada lap ketiga sehingga menabrak dua rider lainnya, yakni Miguel Oliveira (Aprilia Racing) dan Jorge Martin (Prima Pramac).

Oliveira menjadi pihak yang paling dirugikan dari crash tersebut. Ia gagal mempersembahkan hasil bagus di depan publik negaranya.

Sebelum terlibat crash dengan Marquez, Oliveira berada di jangkauan podium. Kala itu ia sedang berada di posisi kedua.

Sundulan Marquez di lintasan balap membuat Oliveira mengalami cedera pada ligamen dan harus melewatkan seri berikutnya, yakni MotoGP Argentina yang digelar sejak 31 Maret hingga 2 April 2023.

Marc Marquez sendiri mengalami cedera retak tulang metakarpal sehingga tidak bisa tampil dalam seri berikutnya.

Dirangkum dari berbagai sumber, Sabtu 1 April 2023, berikut beberapa aksi kontroversial Marc Marquez di lintasan balap.

Aksi Kontroversi Marc Marquez di MotoGP

  1. Clash di MotoGP Malaysia 2015

Insiden ini melibatkan tiga pembalap, antara lain Valentino Rossi, Jorge Lorenzo dan Marc Marquez.

Dalam MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang, Lorenzo dan rekan setimnya Rossi sedang bertarung untuk memperebutkan gelar juara dunia.

Di tengah persaingan, Rossi curiga Marquez membantu Lorenzo meraih gelar. Tuduhan tersebut dibantah oleh The Baby Alien, bahkan sempat menimbulkan kericuhan saat konferensi pers MotoGP Malaysia.

Saat race berlangsung, Marquez dan Rossi terlihat saling pepet. Marquez berulang kali melakukan manuver agresif dan berbahaya. Puncaknya, Rossi menyenggol Marquez hingga membuatnya terjatuh.

Menurut Marquez, Rossi sengaja menyenggol lalu menendangnya. Usai insiden tersebut, The Doctor mendapat hukuman start paling belakang pada GP Valencia. Ia pun gagal meraih titel juara dunia ke delapan dalam kariernya. Pada musim itu, Lorenzo keluar sebagai juara dunia.

  1. Tabrakan dengan Velentino Rossi saat MotoGP Argentina

Aksi kontroversi Marc Marquez yang berikutnya terjadi di MotoGP Argentina 2018. Dalam balapan di Sirkuit Termas de Rio Honda, Marquez menabrak Rossi ketika berusaha menyalip di tikungan 13 pada lap ke-20 dari sisi dalam lintasan.

Kala itu, rider asal Spanyol itu sedang mengincar posisi keenam yang dihuni oleh Rossi dan berhasil melewatinya.

Akan tetapi, Marquez membuaat kesalahan dan melebar dari racing line-nya. Rossi yang berada di belakangnya, ikut melebar ke luaar trek dan terjatuh karena ban motornya menyentuh rerumputan di pinggir trek.

Setelah insiden tersebut, Race Director memberikan hukuman penalti 30 detik kepada Marquez.

Seusai balapan, Marquez mencoba meminta maaf kepada Rossi. Akan tetapi, permintaan maaf tersebut ditolak.

  1. Crash di MotoGP Aragon 2022

Dalam MotoGP Aragon 2022, Marc Marquez terlibat tabrakan dengan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha) ditikungan 3. Padahal, GP tersebut sedianya menjadi ajang Comeback Marquez setelah hampir dua musim absen akibat crash di MotoGP Spanyol 2020.

Akan tetapi, ia langsung terlibat dua kecelakaan pada lap pertama. Usai menabrak Quartararo, giliran rider LCR Honda Takaaki Nakagami yang kena getahnya.

Kejadiannya mirip, Quartararo dan Nakagami sama-sama menabrak bagian belakang motor Marquez sehingga terjatuh.

Akibat insiden itu, Quartararo mengalami memar di bagian dada. Sementara Nakagami mengalami luka paada dua jari tangan kanannya dan hampir berhadapan dengan maut.

Sedangkan Marquez tidak mengalami masalah apa-apa. Gara-gara insiden tersebut, Marquez mendapat banyak kritik. Ia pun dianggap sebagai biang kerok.

Demikian informasi tentang aksi kontroversial Marc Marquez di lintasan balap. Untuk mendapatkan berita menarik lainnya, baca terus VOI.ID.

Terkait