Ducati Luncurkan 5 Panigale Edisi Terbatas untuk Rayakan Kemenangan di 2023, Harganya Bikin Melongo
Panigale Racing season 2023 Limited edition. (Dok. Ducati)

Bagikan:

JAKARTA - Tahun 2023 menjadi tahun yang gemilang bagi Ducati. Pabrikan asal Italia ini berhasil meraih banyak kemenangan di berbagai ajang balap, mulai dari MotoGP, WorldSBK, hingga WorldSSP. Untuk merayakan kesuksesan tersebut, Ducati luncurkan 5 motor Panigale edisi terbatas yang istimewa.

Kelima motor ini terinspirasi dari motor balap yang digunakan oleh para rider Ducati yang berprestasi, yaitu Francesco Bagnaia (63), Jorge Martin (89), Marco Bezzecchi (72) di MotoGP, Alvaro Bautista (19) di WorldSBK, dan Nicolò Bulega (11) di WorldSSP.

Peluncuran motor edisi terbatas ini tentunya menjadi kabar gembira bagi para penggemar Ducati dan kolektor motor. Dengan desain yang cantik dan peningkatan performa dari pabrikan, kelima Panigale ini diprediksi akan menjadi incaran banyak orang. Dan sesuai rencana, motor-motor ini baru akan dikirimkan kepada konsumen mulai Juli 2024.

Dikutip dari Rideapart, 16 Desember, berikut rincian ketiga model edisi khusus ini:

Edisi Spesial MotoGP

Tiga model Panigale V4 dibuat untuk menghormati dominasi Ducati di MotoGP selama dua tahun berturut-turut. Motor-motor ini terinspirasi dari Ducati Desmosedici GP yang dikendarai Bagnaia, Martin, dan Bezzecchi. Ketiganya mendapatkan peningkatan performa dari pabrikan, seperti kopling kering STM-EVO SBK sembilan piringan, knalpot Akrapovič yang lebih ringan 1,9 kg, peningkatan juga pada kaliper Brembo Stylema R, master silinder MCS dengan pengaturan jarak jauh, footpeg Rizoma billet aluminium yang dapat disesuaikan, dan kaca plexiglass khusus balap.

6
Panigale V4 Bezzecchi 2023 Racing Replica

Nah untuk harga per unit Panigale V4 Bezzecchi 2023 Racing Replica dibanderol 63 ribu dolar AS atau setara Rp978 juta dan akan tersedia sebanyak 72 unit.

6
Panigale V4 Martin 2023 Racing Replica

Sementara, Panigale V4 Martin 2023 Racing Replica dibanderol 68 ribu dolar AS setara Ro1,05 miliar dan tersedia sebanyak 189 unit.

5
Panigale V4 Bagnaia 2023 World Champion Replica

Yang paling mahal jelas juara tahun ini Panigale V4 Bagnaia 2023 World Champion Replica dihargai 73 ribu dolar AS atau setara Rp1,1 miliar dan tersedia sebanyak 263 unit.

Edisi Spesial WorldSBK

Panigale V4R edisi terbatas hadir untuk mengenang kemenangan Alvaro Bautista di WorldSBK selama dua tahun berturut-turut. Motor ini juga mendapatkan peningkatan performa dan tambahan spesifikasi lain sama seperti model V4 di atas.

6
Panigale V4 Bautista 2023 World Champion Replica

Untuk harganya, Panigale V4 Bautista 2023 World Champion Replica dibanderol 68 ribu dolar AS kisaran Rp1,05 miliar dan tersedia sebanyak 219 unit.

Edisi Spesial WorldSSP

Panigale V2 edisi terbatas diciptakan untuk merayakan gelar juara dunia Nicolò Bulega di WorldSSP. Motor ini dilengkapi suspensi Öhlins, knalpot racing Akrapovič yang lebih ringan 4,9 kg, footpeg Rizoma billet aluminium yang dapat disesuaikan, serta berbagai komponen karbon fiber seperti mudguard depan dan belakang, pelindung rantai, penutup kopling, dan pelindung shock absorber.

7

Nah menyoal harga, Panigale V2 Bulega 2023 World Championship Replica dijual 43.000 dolar AS per unit setara Rp667 juta yang akan tersedia sebanyak 111 unit.