Karena Kesalahan pada Sistem Lampu, Ducati Menarik Kembali Panigale V2
Panigale V2. (Dok. Ducati)

Bagikan:

JAKARTA - Biasanya, kampanye penarikan kembali kendaraan dilakukan oleh produsen mobil, tetapi kali ini, perusahaan sepeda motor asal Italia, Ducati, melaksanakan recall.

Ducati mengeluarkan penarikan kembali untuk unit Panigale V2 di wilayah Amerika Utara. Jumlah kendaraan yang terdampak mencapai 3.315 unit, yang merupakan sekitar lima persen dari total populasi.

Dilansir dari laman RideApart, Senin, 10 Juli, recall ini dilakukan karena adanya kesalahan dalam perangkat lunak yang dapat mengaktifkan Daylight Position Lamp (DRL) saat berkendara di malam hari.

Tentunya, kesalahan ini dapat berpotensi menyebabkan kecelakaan bagi pengguna Panigale V2. Masalah ini sebenarnya telah terjadi sejak Februari 2023.

Pada saat itu, beberapa pemilik sepeda motor ini mengeluh tentang kesalahan pada sakelar lampu otomatis di panel instrumen pada beberapa unit Panigale V2. Laporan National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) juga mencatat bahwa keluhan serupa juga muncul di wilayah lain selain Amerika Serikat, seperti China, Jepang, Spanyol, dan Inggris.

Pengguna sepeda motor ini melaporkan bahwa pengaturan lampu latar pada panel instrumen secara tiba-tiba berubah ke mode siang hari ketika digunakan pada malam hari, meskipun seharusnya berada dalam mode otomatis.

Ducati kemudian melakukan penyelidikan internal dan menemukan kesalahan pada kalibrasi perangkat lunak fotodioda pada panel instrumen. Fotodioda bertanggung jawab untuk mengatur lampu latar panel instrumen dan DRL.

Panigale V2 yang terdampak adalah yang diproduksi antara 4 Desember 2019 dan 23 Mei 2023, dengan nomor identifikasi kendaraan dari ZDMHAATW0LB000230 hingga ZDMHAATWXPB012777, tidak secara berurutan.

Untuk mencegah masalah yang tidak diinginkan, Ducati menyarankan pengguna untuk mengubah pengaturan lampu secara manual melalui switchgear yang terletak di bagian setang kiri. Dengan melakukan ini, pengguna dapat memastikan lampu kendaraan menyala dengan benar saat malam hari.

Selain itu, Ducati telah memberitahu diler mengenai recall ini pada 30 Mei dan 6 Juni 2023, serta menghubungi pemilik Panigale V2 antara 20 Juni 2023 dan 27 Juni 2023.