Bagikan:

JAKARTA - Pencinta motor sport Ducati bersiaplah untuk mengucapkan selamat tinggal pada era mesin L-twin di kelas menengah dengan kehjadiran Ducati Panigale V2 Superquadro Final Edition 2025.

Motor ini hadir sebagai edisi terbatas yang diproduksi hanya 555 unit. Melansir Autoblog, 15 Juli, Ducati seolah mengikuti pola yang sama saat mereka mengakhiri era mesin V-twin di Panigale 1199 dengan merilis Final Edition pada 2017 sebelum meluncurkan Panigale V4 setahun kemudian.

8

Panigale V2 Superquadro Final Edition hadir dengan beragam fitur spesial. Dari depan ke belakang, tampak penggunaan bahan serat karbon pada sepatbor depan dan belakang, pelindung suspensi dan swingarm, pelindung rantai, penutup kopling, dan ujung knalpot. Sentuhan emas khas Ohlins menghiasi suspensi depan dan belakang, sementara pijakan kaki dibuat dari billet aluminium yang dapat disesuaikan dari Rizoma.

Tak hanya itu, penggunaan billet aluminium juga ditemukan pada triple clamp, tangki bahan bakar 4 galon beserta tutupnya. Bagi pemilik yang berencana menggunakan motor ini khusus di sirkuit, Ducati menyediakan penutup spion dan kit pelepas penyangga pelat nomor.

8

Untuk performa motor, mesin L-twin 955cc pada Final Edition masih menghasilkan tenaga 155 dk dan torsi 104 Nm, sama seperti Panigale V2 standar. Namun, penggunaan material aluminium, karbon fiber, dan baterai lithium-ion membuat motor ini 2,7 kg lebih ringan, dengan bobot total 190 kg.

7

Sementara, untuk livery atau coraknya adalah hasil kerja sama Ducati Centro Stile bekerja sama dengan Drudi Performance. Kombinasi warna merah, putih, dan hitam khas Ducati dipadukan dengan motif monokrom pada fairing yang menampilkan skema mesin di balik penutupnya. Setiap unit motor akan dilengkapi dengan pelindung khusus dan sertifikat keaslian.

Dengan banderol mulai dari 28 ribu dolar AS (sekitar Rp451 juta), atau Panigale V2 Superquadro Final Edition dibanderol lebih mahal 9.500 dolar AS (sekitar Rp153 juta) lebih mahal dibanding Panigale V2 standar. Edisi terbatas ini akan mulai dikirim ke konsumen Amerika Serikat mulai Desember mendatang.