Tak Dapat Izin Persija dan PSM, Timnas U-23 ke Piala AFF Tanpa Rizky Ridho dan Dzaky Asraf
Timnas Indonesia untuk Piala AFF U-23 2023. (Foto: Dok. PSSI)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Indonesia U-23 akan tampil di Piala AFF U-23 2023 di Thailand tanpa diperkuat Rizky Ridho dan Dzaky Asraf. Hal ini seperti yang disampaikan Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji.

Skuad Timnas U-23 sejatinya telah bertolak ke Rayong, Thailand pada Senin, 14 Agustus pagi WIB. Sayangnya di dalam rombongan itu tidak terlihat Rizky Ridho dan Dzaky Asraf.

Dua nama tersebut tak bergabung dengan tim lantaran tak mendapat izin klub masing-masing. Rizky Ridho tak dilepas pelatih Persija, Thomas Doll.

Sementara Dzaky Asraf tak dilepas Bernardo Tavares, pelatih PSM Makassar.

"Jadi untuk Rizky Ridho tidak bergabung memang tidak dilepas oleh Thomas Doll. Dan juga Dzaky Asraf tidak bergabung karena tidak dilepas Tavares. Tetapi kami semua mengambil hikmah dari itu semuanya," kata Sumardji dalam keterangan yang diterima Senin, 14 Agustus.

Sebagai gantinya, PSSI telah menunjuk penggantinya. Pemain itu adalah pemain Persis Solo, Muhammad Kanu dan pemain PSIS Semarang, Haykal Al Hafiz.

"Rizky Ridho itu diganti Kanu dari Persis. Terima kasih sekali Persis mengirimkan tiga pemainnya. Dan untuk Dzaky diganti sama Haykal yang akan berangkat nanti bersama dengan pak Endri (Erawan)," ujarnya.

Sumardji sebenarnya mengaku kecewa dengan keputusan klub yang enggan melepas pemainnya membela timnas, namun ia tak ingin lagi berpolemik. Menurut Sumardji, pelatih Shin Tae-yong, tak mempersoalkan hal tersebut. Dia mengatakan, saat ini semua hanya perlu fokus menatap kejuaraan dengan skuad yang ada.

"Saya selaku ketua BTN tentu sangat kecewa, tapi semua saya kembalikan kepada pelatih tim masing-masing karena beliau-beliau orang yang hebat di sepak bola,” kata Sumardji.

Piala AFF U-23 2023 akan berlangsung di Rayong, Thailand pada 17-26 Agustus. Indonesia akan tampil perdana pada Jumat, 18 Agustus dengan menghadapi Malaysia.

Daftar 23 pemain Indonesia untuk Piala AFF U-23 2023:

1. Amiruddin Bagas, Barito Putera

2. Haykal Alhafiz, PSIS

3. Arkhan Fikri, Arema FC

4. Kadek Arel, Bali United

5. Muhammad Ragil, Bhayangkara Presisi FC

6. Komang Teguh, Borneo FC

7. Jeam Kelly, Persik

8. Titan Agung, Bhayangkara Presisi FC

9. Daffa Fasya, Borneo FC

10. Salim Akbar, Madura United

11. Ernando Ari, Persebaya

12. Beckham Putra, Persib

13. Robi Darwis, Persib

14. Frengky Missa, Persikabo

15. Muhammad Ferarri, Persija

16. Mohammad Kanu, Persis

17. Rifky Dwi, Persita

18. Nuri Agus, Bekasi FC

19. Irfan Jauhari, Persis

20. Muhammad Ramadhan, Persis

21. Abdul Rahman, Rans Nusantara

22. Esal Sahrul, Persita

23. Alfeandra Dewangga, PSIS

Terkait