Start di Urutan Buncit, Pembalap Asal Lombok Juara ARRC UB 150
Para pebalap UB 150 saat menerima piala di podium Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, Minggu (13/8/2023) (ANTARA/Akhyar Rosidi)

Bagikan:

NTB - Pembalap asal Lombok, Arai Agaska Dibani Laksana berhasil menjadi yang tercepat di ajang Idemitsu FIM Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 Indonesia Round kelas UB 150.

Pembalap dengan nomor 338 yang start dari urutan buncit atau terakhir itu berhasil menyalip para pembalap lainnya dengan persaingan cukup ketat saat balapan di di Pertamina Mandalika International Circuit, race 2 pada Minggu 13 Agustus.

Awalnya Arai bisa berada di 10 besar, kemudian berhasil merebut posisi pertama di lap-lap terakhir setelah menyalip pembalap asal Malaysia Nazrul Izzad yang meraih podium dua dan pembalap Husni Zaenul Fuadzi asal Indonesia yang meraih podium ketiga.

"Allhamdulilah terimakasih kepada para pendukung," kata Arai kepada para wartawan saat konferensi pers di media center Mandalika, Minggu.

Pada hari kedua Sabtu (12/8), Arai Agaska Dibani Laksana meraih posisi 4 pada kelas UB150 pada race 1 Sirkuit Mandalika.

"Saya sudah mempersiapkan diri dari kemarin sebelum balapan. Saya start di posisi 29 dan bisa juara hari ini.," katanya.

Ia mengatakan, untuk kondisi lintasan Sirkuit Mandalika cukup baik, namun kondisi cuaca cukup panas dan angin kencang.

"Cuaca cukup panas. Saya senang bisa juara," katanya, disitat Antara.

Sebelumnya, jadwal ARRC 2023 hari kedua dimulai dengan dua sesi qualifying untuk kelas TVS ASIA One Make Championship, lalu sesi practice 4 untuk kelas ASB1000, qualifying untuk kelas UB150, AP250, dan SS600, Shoot Out Top 15 Riders UB150, serta qualifying ASB1000.

Dilanjutkan siang hari dengan race 1 kelas TVS ASIA One Make Championship berturut-turut, kemudian UB150, AP250, SS600, dan sebelum akhirnya ditutup dengan race 1 kelas ASB1000.

Gairah kompetitif peserta dalam ajang ARRC terlihat dari perbedaan waktu tempuh yang tipis antarpembalap di setiap balapan. Rebut-rebutan posisi terdepan terjadi hampir di setiap kelas, memberikan tontonan yang seru dan menarik.

Sejumlah pembalap Indonesia meraih posisi podium antara lain Herjun Atna Firdaus dari Astra Honda Racing Team, serta Aldi Satya Mahendra dan Wahyu Nugroho dari Yamaha Racing Indonesia untuk kelas AP250, dan Andi Farid Izdihar dari Honda Asia-Dream Racing with SHOWA untuk kelas ASB1000.

BACA JUGA:


Direktur Utama PT Mandalika Grand Prix Association Nusantara Jaya (MGPA) Priandhi Satria mengungkapkan hari kedua penyelenggaraan ARRC 2023 Indonesian Round telah berjalan dengan baik. Seluruh sesi kualifikasi dan balapan pertama dari semua kelas telah berjalan dengan lancar dan aman.

"Sebagai penyelenggara, kami selalu memastikan kesiapan setiap sesi balapan agar dapat berjalan dengan baik, dan kami harap penyelenggaraan hari ketiga besok kembali dapat berjalan tanpa hambatan.” katanya.

Hari ketiga ARRC 2023 Indonesian Round Minggu 13 Agustus, akan menghadirkan race 2 untuk kelas TVS ASIA One Make Championship, UB150, AP250, SS600, dan ASB1000.

“Selain sesi race yang seru, karena masing-masing pebalap pastinya mencoba mendapatkan point dari round ke 4 ARRC ini, hari ketiga besok akan diisi dengan pagelaran budaya persembahan Pemerintah Daerah NTB untuk memeriahkan Grid Ceremony,” tandasnya.