Bagikan:

JAKARTA - Carlos Sainz memastikan performa bagus Ferrari sepanjang akhir pekan dengan meraih pole position yang dramatis di Singapura. Sainz yang sudah memimpin sesi kualifikasi secara provisional, berhasil mempertahankan performa apiknya dengan mengalahkan pesaingnya, George Russell, dan rekan setimnya, Charles Leclerc, untuk mendapatkan posisi start P1.

Sesi kualifikasi ini berlangsung sangat ketat, dan beberapa pembalap akan diinvestigasi atas dugaan menghalangi pembalap lain selama sesi kualifikasi. Sesi ini bahkan harus dihentikan sementara setelah kecelakaan serius yang dialami Lance Stroll di tahap akhir Q1.

Namun, Sainz berhasil menghindari masalah dan terus memimpin, dengan peningkatan pesat di sektor terakhir yang membuatnya memperbaiki waktu provisional pole-nya lebih dari empat persepuluh detik, dengan waktu 1 menit 30.984 detik. Catatan ini cukup untuk meraih posisi start P1-nya yang kedua secara beruntun. Di posisi kedua adalah Russell, yang hanya kalah tipis dari Sainz dengan selisih 0.072 detik.

Leclerc yang kesal harus puas dengan posisi ketiga untuk Ferrari, diikuti oleh Lando Norris dari McLaren di urutan keempat, Lewis Hamilton dari Mercedes di urutan kelima, dan Kevin Magnussen dari Haas di urutan keenam.

Fernando Alonso finis di urutan ketujuh untuk Aston Martin, sementara Esteban Ocon dari Alpine tampil impresif dengan finis di urutan kedelapan. Di belakangnya adalah Nico Hulkenberg dari Haas, diikuti oleh Liam Lawson dari AlphaTauri, yang berhasil masuk ke Q3 untuk pertama kalinya dalam karir F1-nya.

Saat Max Verstappen dari Red Bull harus tersingkir di Q2, kejutan terjadi. Pembalap Belanda ini hanya finis di urutan ke-11 dan tidak puas dengan performa mobilnya, sementara rekan setimnya, Sergio Perez, juga tersingkir di urutan ke-13.

Akibat kecelakaan Stroll di akhir Q1, beberapa pembalap tidak dapat menyelesaikan putaran terakhir mereka. Namun, beberapa yang tidak beruntung dan harus tersingkir lebih awal termasuk Valtteri Bottas dari Alfa Romeo di urutan ke-16 dan Oscar Piastri dari McLaren di urutan ke-17.

Logan Sargeant tidak bisa mengungguli rekan setimnya di Williams, Albon, dan finis di urutan ke-18, diikuti oleh Zhou Guanyu dari Alfa Romeo, sementara Stroll menempati posisi paling buncit di lapangan.

Hasil Kualifikasi Grand Prix Singapura 2023:

  1. Carlos SAINZ (Ferrari) - 1:30.984
  2. George RUSSELL (Mercedes) - 1:31.056
  3. Charles LECLERC (Ferrari) - 1:31.063
  4. Lando NORRIS (McLaren) - 1:31.270
  5. Lewis HAMILTON (Mercedes) - 1:31.485