Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan akan negosiasi ulang event atau acara bertaraf internasional di Sirkuit Mandalika yang memberatkan keuangan Holding Industri Aviasi dan Pariwisata, InJourney.

Seperti diketahui, InJourney berencana melakukan negosiasi ulang untuk menghapus gelaran World Superbike (WSBK) di sirkuit Mandalika. Gelaran WSBK dinilai tidak memberikan keuntungan yang cukup berarti bagi keuangan perusahaan.

Lebih lanjut, Erick menjelaskan bahwa negosiasi bisnis sebenarnya menjadi hal yang lumrah dilakukan.

“Ada beberapa event yang saya rasa memang misalnya memberatkan ya kita negosiasi ulang. Ya itu hal yang biasa,” ujar Erick saat ditemui di Gedung DPR RI, Kamis, 15 Juni.

Sementara untuk gelaran MotoGP yang akan dihelat di Sirkuit Mandalika tahun ini, Erick mengatakan, masih tetap akan dipertahankan.

Kata Erick, dampak dari gelaran MotoGP masih lebih memberikan dampak positif ke kawasan Mandalika.

Dengan adanya gelaran ini, kata Erick, diharapkan citra Indonesia sebagai tuan rumah gelaran balap motor bertaraf internasional itu bisa semakin baik.

“Tapi kalau MotoGP nya itu kita pertahankan karena itu sangat positif untuk branding sebuah negara. Kalau kita lihat kemarin banyak sekali kegiatan internasional event itu mendukung juga pariwisata ke depan,” tuturnya.

Meski begitu, Erick mengakui bahwa dampak positif terhadap kawasan dan pariwisata secara umum baru bisa terasa dalam beberapa waktu ke depan.

“Walaupun tentu kalau jangka pendek belum terasa, tapi kalau sudah 2-3 tahun itu menjadi merek yang berkesinambungan itu menjadi kekuatan,” katanya.