Mengapa Sirkuit Mandalika Merugi: Begini Alasannya
Mengapa Sirkuit Mandalika Merugi - Sirkuit Mandalika di Lombok Tengah, NTB. (World Superbike)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Menteri Pariwisata serta Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjawab usulan Gubernur Nusa Tenggara Barat( NTB) Zulkieflimansyah soal rencana mengambil alih pengelolaan Sirkuit Madalika. Lebih dahulu, Zulkieflimansyah mau mengambil alih sirkuit itu apabila pengelolaannya di tangan BUMN malah merugi. Tahu penyebabnya mengapa sirkuit Mandalika merugi?

Menjawab perihal tersebut, Sandiaga mengatakan Sirkuit Mandalika dipunyai Indonesia Tourism Development Corporation( ITDC). Oleh karena itu, dia memperhitungkan yang berhak mengelola sirkuit itu yakni ITDC selaku bagian BUMN.

Alasan Mengapa Sirkuit Mandalika Merugi

"Tentunya perlu kolaborasi, karena mengoperasikan sirkuit yang dibangun dengan begitu banyak investasi perlu tim yang kuat," kata dia saat ditemui di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta Pusat pada Senin, 19 Juni 2023.

Bagi Sandiaga, pengelolaan Sirkuit Mandalika memerlukan kerja sama yang kokoh, dari segi perawatan, penyelenggaraan, serta peningkatan event. Departemen Pariwisata serta Ekonomi Kreatif, tuturnya, pula bakal terus berupaya tingkatkan jumlah turis, pula devisa pariwisata, serta lapangan kerja. Dengan begitu, dia berharap Sirkuit Mandalika tidak lagi merugi.

Dia mengaku telah berupaya sangat keras buat menyelenggarakan jadwal ataupun event internasional di Mandalika." Tiap pekan terdapat event- event regional ataupun wilayah. Sehingga tidak sempat sepi," kata dia.

Dengan menjadikan Mandalika selaku destinasi pariwisata olah- raga, Sandiaga berharap Sirkuit Mandalika malah bisa membagikan keuntungan. Alasannya, bagi dia, jadwal tersebut bakal membuka kesempatan usaha serta lapangan pekerjaan sehingga dapat balik modal.

Terlebih, ia memperhitungkan kemampuan ekonomi dari Sirkuit Mandalika sangat besar. Dia juga optimistis secara jangka panjang Sirkuit Mandalika bisa mendapatkan keuntungan apabila bisnisnya dikelola secara handal.

Ada pula lebih dahulu holding BUMN pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) ataupun InJourney berencana menghapus penyelenggaraan WSBK dari Sirkuit Mandalika. Musababnya, kerugian dari gelaran event tersebut menembus Rp 100 miliyar.

Menteri BUMN Erick Thohir juga menyebut bakal melaksanakan perundingan ulang terhadap sebagian event tersebut." Terdapat sebagian event yang saya rasa, misalnya memberatkan ya kita perundingan ulang. Itu perihal yang biasa," kata Erick usai rapat bersama Komisi VI DPR RI di Senayan, Jakarta, Kamis, 15 Juni 2023.

Sebab itu Gubernur NTB memperhitungkan InJourney serta ITDC tidak sanggup serta gagal menangkap pesan khusus Presiden Joko Widodo kala memperkenalkan Sirkuit Mandalika dengan WSBK serta MotoGP- nya." Alih- alih mau menaikkan aktivitas serta atraksi motor di Sirkuit Mandalika. Ini malah mengurangi," ucapnya.

Bagi dia, semestinya InJourney lebih kerap menggelar event internasional di Mandalika buat menguatkan posisi NTB selaku destinasi pariwisata olehraga semacam yang dicanangkan Jokowi.

Terlebih, baginya, di sesi awal penyelenggaraan aktivitas olahraga-- tak terkecuali WSBK serta MotoGP di Sirkuit Mandalika-- jarang ada yang langsung untung. Sehingga nyaris bisa dipastikan rugi sebab sponsor masih terbatas." Kita perlu gagasan serta inspirasi baru buat menghasilkan satu destinasi pariwisata baru beyond Bali," ucap Zulkieflimansyah.

Jadi setelah mengetahui mengapa sirkuit Mandalika merugi, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!