Cara Menyambungkan WiFi Menggunakan QR Code di Smartphone Android
Cara Menyambungkan WiFi Menggunakan QR Code di Smartphone Android (Truck Park)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Di era teknologi yang terus berkembang, sudah banyak pengguna yang memasang jaringan WiFi di rumah mereka agar bisa menggunakan internet dengan mudah dan tanpa batas.

Apalagi, sejak adanya pandemi Covid-19, membuat banyak kegiatan, termasuk bekerja dan sekolah dilakukan dari rumah. Hal tersebut membuat lebih banyak orang yang memasang jaringan WiFi di rumah mereka.

Untuk mengakses jaringan WiFi yang dipasang di rumah, pengguna harus memasukkan password tertentu. Selain itu, pengguna juga dapat menyambungkan perangkat ke jaringan WiFi dengan QR Code.

Supaya tidak mudah dibobol oleh orang lain yang dapat membuat jaringan menjadi lemot, pengguna lebih disarankan untuk menggunakan QR Code saat membagikan password WiFi Anda supaya lebih aman digunakan.

Hal ini dikarenakan QR Code hanya bisa diakses apabila perangkat baru disambungkan secara langsung, tanpa harus membagikan password WiFi Anda kepada orang tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan QR Code sebagai metode untuk masuk ke jaringan WiFi Anda, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah yang telah disusun oleh tim VOI di bawah ini.

Cara Masuk ke Jaringan WiFi Menggunakan QR Code

Untuk masuk ke jaringan WiFi menggunakan QR Code, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka Pengaturan smartphone Anda dan pilih menu pengaturan WiFi di smartphone yang sudah tersambung dengan jaringan WiFi.

Klik jaringan WiFi dari daftar koneksi yang tersedia, kemudian pilih menu Bagikan menggunakan QR Code. Setelah itu, Anda akan diminta melakukan otentifikasi berupa pin layar smartphone Anda atau sidik jari untuk memastikan bahwa Anda benar-benar pemilik perangkat tersebut.

Setelah itu, Anda akan melihat QR Code di jaringan WiFi yang dapat digunakan untuk menyambungkan perangkat baru ke hotspot WiFi yang Anda miliki.

Anda pun dapat menyalakan menu WiFi di perangkat baru yang ingin ditautkan, kemudian pilih menu QR Code di sebelah kolom "Tambah Jaringan/Add Network".

Selanjutnya, pengguna dapat melakukan scan QR Code pada menu yang tersedia untuk tersambung dengan jaringan WiFi.

Demikian adalah cara yang dapat Anda lakukan untuk menyambungkan jaringan WiFi milik Anda menggunakan QR Code, supaya setiap perangkat yang terhubung dengan jaringan WiFi Anda dapat diketahui dan tidak ada orang yang bisa masuk sendiri.

Dengan demikian penggunaan jaringan WiFi Anda pun lebih aman dan tidak bisa digunakan orang lain sehingga internet Anda tidak lemot.