Selaput Mata Kucing Bengkak? Begini Penjelasan Mengenai Penyebabnya
Ilustrasi selaput mata kucing bengkak (Freepik/wirestock)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi Anda yang mengamati kondisi kucing kesayangan di rumah, pada saat mereka rileks atau mengantuk, terlihat selaput mata ketiga. Ini disebut kelopak mata ketiga pada kucing. Apa fungsi dan penyebab selaput mata kucing bengkak? Ini penjelasan lengkapnya.

Selain kelopak mata atas dan bawah, ada kelopak mata ketiga yang biasanya tidak terlihat pada kondisi normal kecuali saat mereka sedang bersantai dan dalam kondisi mengantuk. Tetapi dalam beberapa kasus, selaput mata ini terlihat membengkak. Ini mungkin disebabkan mengalami penyakit tertentu atau cedera.

Seperti halnya hewan mamalia lainnya, kucing memiliki membrane nictating atau selaput kelopak mata ketiga ini. Biasanya, ketika kucing melihat sesuatu, selaput ini akan ditarik atau tidak terlihat.

Kelopak ini akan menonjol menutupi sebagian bola mata karena kondisi tertentu. Melansir The Spruce Pets, Rabu, 4 Januari, bagian dari kelopak mata ketiga biasanya terlihat saat kucing sangat rileks atau lelah. Anda mungkin memperhatikan bahwa kelopak mata ketiga naik saat kucing Anda tidur atau tepat setelah bangun tidur. Kelopak mata ketiga harus ditarik kembali segera setelah kucing bangun dan waspada.

selaput mata kucing bengkak
Ilustrasi selaput mata kucing bengkak (Freepik)

Nah, kalau selaput mata bengkak bisa disebabkan alergi, infeksi, cedera mata. Selaput mata, disebut konjungtiva, kalau terjadi masalh peradangan pada kelopak mata ketiga disebut konjungtivis. Kadang-kadang disebut "mata merah". Kucing dengan konjungtivitis biasanya akan diobati dengan obat tetes mata atau salep yang mengandung antibiotik dan/atau steroid. Selain konjungtivis, berikut penyebab selaput mata atau kelopak mata ketiga kucing bengkak.

Ulkus kornea

Penyebab kedua dari selaput mata bengkak, adalah ulkus korea. Ulkus kornea adalah luka pada kornea yang menyebabkan rasa sakit dan peradangan pada mata dan dapat membuat kelopak mata ketiga muncul.Ulkus kornea biasanya disebabkan oleh cedera pada mata, seperti tergores, tergores, atau luka tusuk. Zat yang mengiritasi atau abrasif juga dapat menyebabkan ulkus kornea.Ulkus kornea dapat dengan cepat menjadi sangat serius dan membutuhkan perawatan.Kucing dengan ulkus kornea sering membutuhkan satu atau lebih jenis obat mata dan mungkin juga obat oral.

Uvetis uvea

Uveitis Uvea adalah bagian tengah bola mata dan mengandung banyak pembuluh darah.Peradangan uvea disebut uveitis. Seringkali membuat mata tampak sangat merah dan terkadang menyakitkan. Kelopak mata ketiga mungkin terpengaruh, mungkin juga tidak.

Glaukoma

Glaukoma merupakan kondisi mata yang menyakitkan yang menyebabkan tekanan menumpuk di mata. Ini terjadi karena aqueous humor atau cairan di bagian depan mata tidak dapat mengalir dengan baik. Ini menyebabkan selaput mata kering dan meradang.

Mata Ceri

Kelopak mata ketiga mengandung kelenjar yang bisa membengkak dan terlihat seperti tonjolan bulat dari sudut dalam mata. Ini disebut prolaps membran pengelip, atau mata ceri. Ini relatif tidak umum pada kebanyakan kucing tetapi umum pada kucing Burma. Pembedahan adalah pengobatan untuk mata ceri.

Pertumbuhan mata kerena kondisi tertentu

Pertumbuhan, tumor, massa, dan kista di dalam dan sekitar mata dapat menyebabkan peradangan dan penonjolan kelopak mata. Hubungi dokter hewan Anda jika Anda melihat adanya pertumbuhan abnormal atau pembengkakan di dalam atau di sekitar mata kucing Anda sebelum menyebabkan lebih banyak masalah.

selaput mata kucing bengkak
Ilustrasi selaput mata kucing bengkak (Freepik)

Sindrom Horner

Sindrom Horner adalah gangguan neurologis yang disebabkan oleh disfungsi saraf. Ini mempengaruhi mata dan otot wajah, membuat mata tampak asimetris. Kelopak mata ketiga seringkali sangat menonjol di satu mata. Kelopak mata terkulai dan mata itu sendiri tampak "tenggelam". Sindrom Horner dapat disebabkan oleh trauma atau tumor, namun terkadang penyebabnya tidak dapat ditentukan. Kondisi tersebut dapat sembuh dengan sendirinya.

Masalah mata pada kucing, dapat dengan mudah berubah dari buruk menjadi lebih buruk. Jadi jangan tunda untuk menemui dokter hewan ketika selaput mata kucing atau kelopak mata ketiga pada kucing membengkak.