Benarkah Kucing Hitam Bawa Sial? Hati-hati Mitos! <i>Yuk</i>, Kenali Sifat dan Faktanya
Ilustrasi mengenal fakta kucing hitam yang kerap dilekatkan dengan mitos keberuntungan dan kesialan (Unsplash/Daria Shatova)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Banyak mitos yang perlu diluruskan oleh fakta, termasuk memelihara kucing hitam yang diselimuti takhayul. Tak sedikit orang beranggapan bahwa kucing hitam itu familiar dengan penyuhir atau pertanda buruk ketika berpapasan. Tetapi kucing dengan bulu berwarna hitam adalah warna yang paling umum.

Hitam, sebenarnya adalah warna bulu yang paling umum di antara kucing. Mereka lahir secara alami karena memiliki genetik pembentuk warna bulu. Gen pada kucing membentuk eumelanin, pigmen yang dibutuhkan untuk membuat bulu hitam dominan pada kucing hitam. Fakta kucing hitam perlu dipahami, bahwa seekor kucing biasanya mendapat dua salinan gen, dari ibu dan bapaknya. Jika salah satu gen memiliki kode bulu hitam, maka anak kucing memiliki bulu hitam.

sifat kucing hitam
Ilustrasi fakta kucing hitam (Unsplash/Humberto Arellano)

Genetika pada kucing, lebih rumit kalau untuk mengukur warna bulu. Karena setiap gen bisa memberi variasi warna yang berbeda. Warna bulu senapas dengan sifat kucing hitam, mereka lebih mungkin beraktivitas pada malam gelap karena memiliki warna bulu tidak mencolok. Ini merupakan suatu keunggulan kucing hitam. Bahkan mereka bisa lebih sehat dan mungkin berkembang biak dengan baik.

Kucing dengan bulu hitam, mungkin lebih sedikit orang yang mengadopsi. Karena banyak orang lebih menyukai kucing dengan berbagai varian warna bulu. Tetapi, tidak ada salahnya jika mengadopsi dan memberikan kasih sayang pada kucing hitam.

sifat kucing hitam
Ilustrasi mitos kucing hitam (Unsplash/Eduardo Mallmann)

Penting Anda ketahui, seperti halnya manusia yang sering terpapar matahari dan rambut jadi lebih merah. Kucing hitam yang terpapar matahari juga mengalami hal serupa. Warna bulunya bisa lebih kemerahan atau mungkin jadi lebih terang.

Matahari dapat memudarkan pigmen dari bulu. Sehingga warna bulu bisa berubah, tergantung seberapa terik dan berapa lama terpapar cahayanya. Karena bulu tidak hidup tetapi merupakan struktur keratin, maka bulu bisa berubah setelah rontok.

Kucing hitam kadang juga memiliki telapak kaki berwarna hitam. Seperti kucing berwarna, atau putih, yang memiliki telapak kaki cenderung kemerahan. Bahkan, mereka si kucing hitam bisa memiliki kumis berwarna hitam. Tetapi juga bisa berubah warna setelah rontok. Ini menggambarkan tentang kompleksitas genetik kucing.

sifat kucing hitam
Ilustrasi sifat kucing hitam (Unsplash/Jesson Mata)

Kucing hitam yang terkenal, adalah kucing resmi pertama Gedung Putih saat George W. Bush menjabat. Kucing ini bernama India, ras American Shorthair dan hidup sampai usia 18 tahun. Selain itu, Blackie, kucing terkaya di dunia yang mewarisi kekayaan 12,5 juta dolar amerika dari pemiliknya, Ben Rea. Ketika pedagang barang antik Inggris, Ben Rea meninggal, seluruh hartanya diwariskan pada Blackie.

Melansir PetMD, Rabu, 7 Desember, mayoritas kucing hitam memiliki warna mata kuning. Sama seperti warna bulu, genetika bertanggung jawab atas warna mata mereka yang dipengaruhi oleh eumelanin. Menyoal mitos tentang kucing hitam, dimulai sekitar Abad Pertengahan. Banyak kucing hitam jadi korban kesalahpahaman. Pada masa itu, banyak orang percaya bahwa kucing hitam berkaitan dengan sihir dan takhayul. Padahal, mereka adalah hewan peliharaan seperti kucing-kucing lainnya hanya memiliki warna bulu hitam.

Karena mitos tersebut, populasi kucing hitam menurun. Selain juga disebabkan penyebaran penyakit pes pada awal abad ke-14. Hubungan salah paham berkaitan kucing hitam dan sihir, tersebar hingga Amerika Utara. Memuncak saat pengadilan penyihir Salem pada tahun 1960-an.

Jauh sebelumnya pada era Mesir Kuno, kucing hitam dianggap membawa keberuntungan. Masyarakat era tersebut, menganggap kucing hitam adalah Dewi Bastet, yang merupakan dewi pejuang perempuan dan dewa pelindung serta dewi kesuburan.

Selanjutnya, pelaut Inggris dan Irlandia pada abad ke-19 percaya bahwa kucing hitam adalah simbol keberuntungan. Mereka bisa melindungi kapal dari cuaca berbahaya dan mahir membunuh tikus yang menyerang muatan kapal.

Terlepas dari mitos yang berkembang di masyarakat, baik di masa lalu maupun masa kini, kucing hitam dibentuk oleh gen ibu dan bapaknya. Pada tanggal 27 Oktober, atau empat hari sebelum Halloween, adalah Hari Kucing Hitam Nasional dan pada 17 Agustus merupakan Hari Aperisasi Kucing Hitam Nasional di seluruh dunia.