10 Posisi Tidur Kucing dan Artinya yang Perlu Diketahui
Ilustrasi posisi tidur kucing dan artinya (Unsplash/Kelvin Han)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing menghabiskan lebih banyak waktu dalam sehari untuk tidur. Tetapi karena mereka adalah hewan pemburu dan pemangsa, setiap posisi tidur kucing dan artinya menunjukkan interaksi dengan sekitar.

Kucing dianggap sebagai hewan penyendiri tidak sepenuhnya keliru, tetapi mereka sebenarnya adalah hewan sosial. Saat tidur, mereka cenderung mencari tempat hangat. Tujuannya untuk menjaga kehangatan dan suhu panas tubuh. Inilah yang membuat kucing tidur di kaki Anda dengan posisi tidur melingkar. Lebih lengkapnya lagi, berikut posisi tidur kucing dan artinya yang perlu Anda ketahui.

1. Posisi tidur kucing melingkar

Kalau Anda memeliharan kucing di rumah, tentu tak jarang mereka tidur meringkuk menyerupai bola bulu. Bahkan hidung dan ekornya bisa saling bertemu membentuk lingkaran. Posisi tidur ini, membantu kucing mempertahankan panas tubuh. Selain itu, dengan posisi tidur melingkar, kucing melindungi organ vital di perut mereka dengan otot dan tulang yang kurang esensial serta lebih tangguh.

posisi tidur kucing dan artinya
Ilustrasi posisi tidur kucing terlentang (Unsplash/Jonathan Fink)

2. Posisi tidur kucing terlentang

Posisi tidur terlentang dengan memperlihatkan perut dan kaki direntangkan, memiliki arti yang berbeda dengan posisi tidur lainnya. Secara naluriah, kucing memposisikan diri dengan tidur seperti ini karena sedang melindungi organ tubuhnya yang rentan.

Jadi ketika mereka tidur terlentang, artinya merasa rileks, aman, dan percaya diri. Meski begitu, Anda tidak mencoba menggosok perutnya. Karena sebagian besar kucing akan berusaha membela diri saat disentuh pada area perut. Misalnya dengan menggigit, mencakar, atau menepuk.

3. Posisi tidur miring

Apabila kucing tidur miring dengan kaki terentang, artinya mereka merasa sangat nyaman. Namun, tidur miring termasuk cara kucing untuk lebih mudah melompat, berlari, dan merespons gerakan di sekitarnya. Sebagai hewan pemburu, posisi tidur kucing ini termasuk sehat bagi mereka. Karena ini membantu menjamin keamanan dan membantu tidur nyenyak.

posisi tidur kucing dan artinya
Ilustrasi posisi tidur kucing miring (Unsplash/ Keiwen Sun)

4. Posisi tidur kucing berbentuk roti

Posisi tidur yang menyerupai sepotong roti, mereka tetap menjaga kaki depan tetap melengkung di bawah tubuhnya dengan kepala menghadap ke atas. Posisi ini, bertujuan menjaga panas tubuh dan melindungi organ vitalnya. Dalam posisi ini, mereka mungkin santai tetapi juga siap beraksi dan menggunakan cakarnya jika tiba-tiba dalam bahaya.

5. Pose tidur seperti superman

Ketika kucing tidur dengan tumpuan pada perutnya, atau posenya mirip superman yang sedang terbang, menandai kenyamanan dan rileks. Namun, tetap saja perilaku hewan pemburu tak melulu pasti. Meski rileks mereka tetap siaga.

Dengan posisi ini, kucing juga melindungi perut. Kalau posisi ini dilakukan di tempat yang hangat, artinya mereka sedang membantu menghemat panas tubuh. Namun ketika dilakukan di ubin yang dingin, maka berarti sedang berusaha mendinginkan diri.

6. Kucing tidur di dada Anda

Kucing merupakan hewan yang berinteraksi dengan subjek terdekatnya. Jika mereka tidur di dada Anda, kemungkinan besar karena merasa nyaman dan percaya penuh. Ini sama seperti ketika kucing tidur meringkuk di dekat Anda, artinya posisi ini memberikan mereka kenyamanan.

7. Kucing tidur di kaki Anda

Saat kucing tidur di kaki Anda, mereka menjaga kaki Anda tetap hangat. Tetapi mungkin juga sedang mencari kehangatan dari Anda. Selain itu, mereka juga mencari tempat aman untuk berpindah tempat dengan mudah.

8. Posisi tidur kucing sehat

Kucing yang sehat, tidak akan memilih litter box sebagai tempat tidurnya. Ketika mereka memilih tidur di litter box, biasanya ada alasan medis, termasuk masalah saluran kemih atau pencernaan. Jika Anda menemukan kucing kesayangan tidur di kotak kotorannya, segera hubungi dokter hewan untuk memeriksa.

9. Kucing tidur dengan mata terbuka penuh atau sebagian

Kucing tidur dengan mata terbuka, baik terbuka penuh atau sebagian, karena mereka memasuki fase tidur REM (rapid eye movement). REM adalah tahap di mana kucing bermimpi, yang juga dialami manusia. Meski posisi tidur kucing dengan mata setengah terbuka itu normal, Anda perlu memastikan tidak ada alasan medis atau masalah pada kesehatan kucing.

posisi tidur kucing dan artinya
Ilustrasi posisi tidur kucing dan artinya (Unsplash/Kate Stone Matheson)

10. Kaki menutupi muka

Mungkin posisi ini menggemaskan, tetapi ketika kucing melakukan posisi tidur ini, bertujuan mengisolasi dan memberikan kehangatan. Telapak kaki kucing juga bisa bertindak seperti masker tidur untuk menghalangi cahaya atau debu yang mengganggu. Ini juga kerap dilakukan kucing yang tidur dengan kucing lain.

Itulah posisi tidur kucing dan artinya. Posisi tidur ini, mungkin membuat gemas sehingga mendorong Anda untuk mengelus atau mengganggu tidurnya. Tetapi yang penting diperhatikan, ketika kucing tidur dengan posisi aneh dan perubahan pada perilakunya. Jika mengalaminya, baiknya periksakan ke dokter atau periksa keamanan bagi kucing dari gangguan di sekitar rumah.