Cara Memahami Bahasa Tubuh Kucing, Kenali 9 Arti Gerakan Ekornya
Ilustrasi cara memahami bahasa tubuh kucing dari arti gerakan ekor (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Memelihara anak bulu, kucing, perlu memahami cara mereka berkomunikasi. Dengan begitu, Anda akan tahu bagaimana mengungkapkan situasi lebih banyak dari yang mungkin Anda sadari.

Bahasa tubuh kucing bisa dikenali sebagai cara ia berkomunikasi. Untuk mengetahui artinya, berikut penjelasannya.

1. Ekor lurus ke atas

Dilansir Reader’s Digest, Minggu, 22 Mei, ketika ekor kucing lurus ke atas dan bergerak-gerak seperti gelombang mungkin disebut secara ekor aristokrat. Ketika ekornya lurus ke atas, kucing hendak menyampaikan kebahagiaan, kepercayaan diri, dan kesediaan untuk berinteraksi.

2. Bergerak cepat dari satu sisi ke sisi lain

Ketika kucing berjalan melintasi Anda, dengan menggerakkan ekor dari satu sisi ke sisi lain adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Menurut Natalie Marks, DVM, pakar kucing, ekor yang bergerak cepat ke kanan dan kiri berarti kucing menunjukkan rasa takut dan reaktivitas. Mungkin mereka sedang takut atau mungkin juga memicu perilaku agresif.

3. Bergerak lambat

Ekor kucing bergerak lambat menunjukkan fokus dan niat tertentu. Kucing mungkin sedang mengintai atau menangkap sesuatu yang mungkin Anda tak melihatnya. Bukan perihal mistis, tetapi mereka sedang mengintai mainan, hewan lain yang kecil, atau hal lain.

cara memahami ekor kucing
Ilustrasi cara memahami bahasa tubuh kucing dari arti gerakan ekor (Unplash/Paul Hanaoka)

 

4. Ekornya rileks

Kucing akan tidur selama 12-16 jam sehari. Terang Marks, ketika melihat ekor terselip di wajah mereka yang lucu, berarti mereka sedang merasa sangat nyaman dan santai.

5. Ekor ke atas dan melengkung bagian atasnya

Bentuk ekor menyerupai bentuk tanda tanya menandai lampu hijau untuk bermain. Ketika kucing Anda menggerakkan ekornya begini, waktunya Anda terlibat dalam permainan interaktif dengan hewan peliharaan berbulu nan lucu ini.

6. Kucing melengkungkan ekornya ke arah Anda

Jelas Marks, kucing akan melengkungkan ekornya ke sekitar orang atau kucing lain yang membuat mereka merasa terikat dan senang. Perilaku ini, disebut afilitatif dan merupakan penguatan ikatan antara manusia-hewan.

7. Melengkung ke bawah

Ketika ekor kucing lurus dan melengkung kebawah, artinya memberitahu Anda atau musuhnya untuk mundur. Ekor kucing ke arah bawah, kemungkinan menunjukkan perilaku reaktif, suasana hati yang agresif, dan tidak mau diganggu.

8. Ekor lurus ke atas dan mengembang

Ekor kucing yang lembut, menggerakkan Anda untuk mengelusnya. Tetapi ketika kucing menggerakkan ekor lurus ke atas dan mengembang, artinya mereka sedang takut. Mungkin di sekitarnya ada hewan lain atau kucing lain yang membuatnya ketakutan serta cemas.

9. Melingkarkan ekor di sekitar cakarnya

Ekor merupakan bagian tubuh yang juga berfungsi melindungi diri. Termasuk ketika kucing melingkatkan ekor di sekitar cakarnya, kata Marks, mereka menunjukkan kegugupan sekaligus kepatuhan. Tetapi ketika diikuti dengan menutupi kepalanya dengan ekor dan meringkuk, bisa berarti ketakutan atau kesakitan.

Itulah cara kucing berbahasa dengan gerakan ekor. Anda perlu memahaminya untuk mengetahui suasana hatinya, bahkan untuk melindunginya dari hewan lain atau rasa sakit yang dirasakannya.