Enggak Cuma <i>Ndusel</i>, Kenali 9 Cara Kucing Menunjukkan Kasih Sayang Kepada Pemiliknya
Ilustrasi cara kucing menunjukkan kasih sayang (Unsplash/Micah Bowen)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Kucing memiliki love language yang diungkapkan pada pemiliknya, atau orang yang dikasihi. Berbeda dengan manusia yang bisa mengekspresikan perasaannya dengan bahasa verbal, kucing dapat memiliki gestur tertentu untuk menunjukkan kedekatannya dengan pemilik. Apabila Anda memiliki kucing yang suka ndusel kaki, ini salah satu cara mereka menunjukkan bahwa Anda mendapat kepercayaan penuh dari anabul untuk dikasihi. Cara lain kucing menunjukkan rasa sayangnya, berikut kenali bahasa tubuhnya.

1. Mengeong

Ketika memanggil dari jauh, dan kucing menjawab dengan suara khasnya, mengeong, maka Anda perlu mengingat betul bahwa ini adalah cara mereka menunjukkan bahwa Anda orang terdekatnya. Dilansir The Spruce Pets, Selasa, 21 Juni, kucing jarang mengeong pada kucing lain. Hanya anak kucing yang mengeong pada ibunya. Sedangkan kucing dewasa menggunakan vokalisasi ini untuk berinteraksi. Perlu diketahui, anabul tidak suka mengeong pada orang yang tidak mereka sukai.

2. Ekornya tegak untuk menandakan cinta

Bagi pemilik kucing, tentu familiar ketika mengelus mereka dan mereka merespons dengan pose pantat diangkat ke atas. Ini tandanya mengundang Anda untuk memberi perhatian khusus pada pangkal ekornya. Mereka, anabul, suka area tubuh ini digaruk.

Mereka juga memasang gestur ekor tegak untuk menandakan cinta mereka. Nah, ketika seekor kucing mendekati Anda dengan ekornya terangkat lurus dan ujungnya sedikit terbalik, ini adalah tanda cinta.

cara kucing menunjukkan kasih sayang
Ilustrasi cara kucing menunjukkan kasih sayang (Unsplash/Fantastic B)

3. Menjilat

Kucing suka menjilat tubuhnya, kulit, bulu, dan cakarnya, untuk perawatan diri. Tetapi ketika kucing menjilati tangan dan kaki atau bagian tubuh Anda yang lain, mereka menunjukkan kasih sayang yang besar. Tujuannya mereka menebarkan aroma yang akrab dan membantu menandai orang tersebut sebagai bagian penting dari kelompok keluarga.

4. Mendengkur

Kebahagiaan dan cinta ditunjukkan kucing dengan mendengkur. Mereka tampaknya memiliki ‘motor’ kecil khusus dalam diri mereka ketika santai dan menikmati sesuatu. Anda mungkin sering mendengar suara gemuruh dan bergetar saat Anda mengelus mereka.

5. Berguling-guling

Ketika kucing berguling-guling atau bergulir ketika melihat Anda, mungkin mereka sedang mengucapkan salam penuh kasih. Gestur ini ditunjukkan juga ketika mereka menginginkan perhatian Anda. Terutama mereka ingin dielus bagian perutnya oleh Anda.

cara kucing menunjukkan kasih sayang
Ilustrasi cara kucing menunjukkan kasih sayang (iStockphoto)

6. Menggosokkan pipi pada Anda

Menggosokkan bagian muka atau kepala, bukan hal biasa bagi kucing. Mereka akan memilih melakukannya kepada orang terdekat. Sebab, ini adalah cara kucing meninggalkan aromanya pada Anda atau untuk menandai wilayahnya. Kucing juga melakukan ini ketika mereka mencintai sesuatu atau seseorang.

7. Berburu dan menghadiahkan mangsa

Kucing memang menggemaskan, tetapi secara alamiah mereka adalah karnivora kecil yang memiliki naluri berburu. Kucing dapat menangkap segala sesuatu, mulai dari mainan hingga cicak atau tikus. Kemudian mereka akan memberikan hasil perburuan pada orang yang berarti. Apakah kucing pernah memberikan ‘hadiah’ untuk Anda? Itu tandanya mereka memberikan hadiah khusus untuk pengungkapan rasa cinta.

8. Tertidur di pangkuan Anda

Dalam sehari, kucing tidur hingga 16 jam sehari. Karena meskipun tertidur mereka tetap waspada, sehingga mereka memilih tidur di tempat yang aman dan terpercaya. Sehingga kalau anabul tidur di pangkuan Anda, ini adalah pujian dan tanda kasih yang besar buat Anda.

9. Meremas dan memijat

Perilaku meremas dan memijat umumnya dilakukan anak kucing kepada induknya untuk mendorong keluarnya ASI. Pada kucing dewasa, melanjutkan kebiasaan tersebut karena merasa santai, puas, dan dicintai. Ketika Anda membelai di pangkuan dan kucing meremas serta memihat paha Anda, ini adalah sebuah gestur sayang yang diungkapkan dengan cara berbeda.