Perbandingan Umur Kucing dengan Manusia, Berapa? Begini Cara Menghitungnya
Ilustrasi perbandingan umur kucing dan manusia (Unsplash/Chewy)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Seiring bertambahnya usia kucing, perilakunya akan berbeda. Banyak orang beranggapan bahwa perbandingan pertambahan satu tahun usia kucing setara dengan umur tujuh tahun dalam kehidupan manusia, benarkah?

Tahapan kehidupan kucing akan berubah seiring bertambah usianya. Oleh karena itu, jika Anda memelihara kucing di rumah, penting untuk memahami tahapan hidup yang dialami hewan peliharaan kesayangan di rumah.

Mengutip dari The Spruce Pets, Selasa, 24 Mei, perbandingan umur kucing dengan manusia tidak selalu satu dibanding tujuh. Tetapi lebih uniknya, perkembangan usia kucing jika dikonversikan dengan umus manusia, seperti hitungan acak dalam matematika. Ketika kucing berusia sebulan, setara dengan usia bayi setahun. Sedangkan ketika umur kucing 2 tahun setara dengan umur manusia 24 tahun.

perbandingan umur kucing dan manusia
Ilustrasi perbandingan umur kucing dan manusia (Unsplash/Tran Mau Tri Tam)

 

Setelah anak kucing meninggalkan induknya pada usia 2-3 bulan, ia akan mulai mandiri dan punya keingintahuan yang besar. Perilakunya lebih aktif dan berpotensi mengunyah hal-hal yang tidak boleh dimakan kucing. Maka ketika usia tersebut, penyayang anabul perlu memberikan perhatian agar tidak mengganggu pertumbuhannya.

Selama berbulan-bulan, pertumbuhan kucing sangat cepat. Ketika berusia 6 bulan, mereka sebanding dengan anak usia 10 tahun. Pada usia ini, serangkaian vaksinasi perlu dilakukan pada anak kucing. Sedangkan sterilisasi dilakukan ketika usia ini pula.

Anak kucing menjadi dewasa setelah usia 6 bulan. Anak kucing yang tumbuh menjadi dewasa akan menguji batasan, misalnya dengan banyak memanjat, mencakar, atau memanggil sesama kucing untuk bermain. Pada usia kucing 1 tahun, mereka mencapai ukuran dewasa. Artinya kebiasaan dan perilaku anabul akan berubah. Usia 2 tahun kucing setara dengan orang berusia 24 tahun. Perawatan yang dibutuhkan pada usia ini, antara lain pembersihan gigi dan pemeriksaan tahunan dengan dokter hewan.

perbandingan umur kucing dan manusia
Gambar konversi perbandingan umur kucing dan manusia (Sumber: The Spruce Pets)

 

Nah, seekor kucing usia lima tahun sebanding dengan manusia berusia pertengahan 30-an. Jadi ini adalah tahun-tahun terbaiknya jika dikonversi sebagai orang dewasa. Setelah kucing berusia 7 tahun, dokter hewan menyebutnya sebagai senior. Sampai usia sekitar 9-10 tahun kucing, pada manusia mungkin mencapai usia pensiun. Ketika usianya sampai belasan tahun, mungkin disebut sebagai ‘warga senior’.

Pada usia mencapai sebelas tahun, masalah persendian mungkin dialami kucing. Fungsi organ mulai menua dan perlu pemantauan rutin oleh dokter hewan maupun pemiliknya di rumah. Nutrisi yang diperlukan juga berbeda, mereka membutuhkan lebih banyak ketika usia belasan. Perilaku kucing usia belasan, mereka menjadi pemarah. Mungkin karena mengalami rasa sakit, tidak nyaman pada persendian, perubahan otak, bahkan kebingungan.