Bisa Sampai 20 Tahun, Ini 7 Ras Kucing yang Berumur Panjang
Ilustrasi kucing yang berumur panjang (Pexels/Luca Finardi)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Umur kucing, tidak hanya dipengaruhi oleh ras tetapi juga faktor perawatan. Apabila makanan yang diberikan berkualitas dan protein seimbang, kucing lebih mungkin memiliki umur hingga 15 tahun. Tetapi, tak jarang kucing dengan rasa tau breed tertentu berusia hingga 20 tahun.

Selain makanan dan genetik, pemeriksaan kesehatan secara tertur akan memaksimalkan umur kucing. Melansir The Spruce Pets, sebenarnya tidak ada karakteristik khusus berkaitan dengan breed yang membuat mereka hidup lebih lama. Beberapa ras mungkin memiliki prevalensi penyakit atau masalah kesehatan lebih tinggi sehingga umurnya lebih pendek. Tetapi breed campuran bisa berpeluang umur panjang karena memperluas gen.

Para ahli sepakat bahwa kucing dalam ruangan lebih panjang usianya daripada kucing yang dibiarkan berkeliaran di luar. Sebab ini berpengaruh pada risiko lebih tinggi tertabrak kendaraan, perkelahian antar kucing, dan penyakit. Berikut, sederet ras kucing yang berumur panjang, adakah jenis kucing kesayangan Anda?

1. Siam

Jenis kucing siam memiliki warna bulu yang cantik dengan perawakan yang khas. Mereka bersifat sosial dan bisa berinteraksi lewat vokalnya. Beberapa kucing siam rentan dengan kondisi gigi dan pernapasan. Tetapi ras ini tidak memiliki masalah kesehatan yang signifikan. Rata-rata kucing siam berumur antara 12-20 tahun.

kucing yang berumur panjang
Ilustrasi kucing yang berumur panjang (Unsplash/J-Photo)

2. Savannah

Kucing savannah hanya disarankan untuk dipelihara oleh orang berpengalaman. Karena meskipun kucing domestik, tetapi belum sepenuhnya jinak. Kucing ras ini bisa bersahabat dengan manusia, namun mereka cenderung memiliki temperamen tak terduga, aktif, dan berani. Sama seperti kucing siam, kucing savannah rata-rata berusia 12-20 tahun.

3. Egyptian Mau

Karena berkaitan dengan Mesir kuno, maka disebut Egytian Mau. Warna bulunya berbintik khas. Umumnya, kucing ras ini nyaman dengan orang-orang dan bisa bersosial dengan keluarga. Tetapi kucing Egyptian Mau rentan terhadap penyakit jantung meski bisa hingga mencapai usia 12-15 tahun.

4. Ragdoll

Ragdoll umumnya berperilaku santai dan lembut. Mereka suka mengikuti dan dalam kondisi rileks saat dipegang. Ragdoll umumnya sehat tetapi rentan terhadap batu kandung kemih dan penyakit jantung. Umurnya rata-rata mencapai 15 tahun lebih.

kucing yang berumur panjang
Ilustrasi kucing yang berumur panjang (Pexels/Omar Ramadan)

5. Russian Blue

Kucing ras Russian Blue cenderung pendiam dan menyayangi keluarganya. Mereka suka berjemur di tempat hangat bawah paparan matahari dan suka mengamati dari area yang lebih tinggi. Russian Blue rata-rata berumur 15-20 tahun.

6. American Shorthair

Bulunya pendek dan cenderung ceria merupakan karakter kucing ras American Shorthair. Biasanya mereka pandai menghibur diri sehingga tidak menuntut perhatian. Tetapi mereka suka dengan permainan interaktif. Ras kucing American Shorthair rata-rata berusia 15-20 tahun dengan berat mencapai 7 kilogram.

7. Sphinx

Dalam hal perawatan, kucing ras Sphinx membutuhkan perhatian ekstra. Kucing ini tak berbulu, artinya membutuhkan kehangatan ketika cuaca dingin. Mereka juga perlu dimandikan untuk mengurangi minyak berlebih pada kulitnya. Umurnya tergolong panjang, bisa mencapai 15 tahun.

Di samping ketujuh daftar di atas, Guinnes Book of World Records mencatat kucing tertua, yaitu kucing Texas. Kucing tertua di dunia ini berusia 38 tahun bernama Crème Puff.